loading...

Filosofi Kaum Milenial

Sahabat yang budiman! Pintar, cerdas, inovatif, kreatif dan komunikatif adalah kesan pertama yang akan kita imaginasikan pada saat kita mendengar kaum milenial. Trend (kecenderungan) anak-anak muda yang hidup pada zaman milenial ini ternyata terus berubah dan  mengalami beberapa pergeseran  dilihat dari gaya hidup mereka yang cenderung modern dan sempurna.
Praktis, hemat waktu, hemat energi, tidak bertele-tele, hemat biaya, dan tugas tuntas merupakan sebagian mindset mereka saat ini. Kaum milenial adalah  mereka generasi muda yang terlahir antara tahun 1980-an sampai 2003-an. Kehadiran mereka didunia yang sudah sangat maju dan modern ini termasuk masa yang menguntungkan buat mereka semua.

Sahabat  yang budiman!Selain mereka terlahir di dunia yang sudah serba modern dan berbagai teknologi canggih telah ada dan tersedia. Mereka juga telah lahir di era revolusi  industri untuk berbagai sektor kehidupan (pendidikan, ekonomi, kesehatan, demokrasi, dan juga gaya hidup modern).

Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi informasi yang terus-menerus mengalami pergeseran kearah yang lebih baik tersebut, maka mereka juga telah merubah mindset, perspektif, prinsip dan juga filosofi hidup mereka.

Sahabat yang budiman! Perubahan-perubahan tersebut tidak dapat kita salahkan dan kita bendung lagi. Prinsipnya sederhana  sekali, kita yang lahir sebelum mereka akan berarti sama kalau kita menyebut bahwa kitalah  yang menumpang hidup di zaman mereka.

Jadi kita pun harus segera menyesuaikan diri dengan gaya hidup mereka saat ini. Dan tidak perlu lagi saling menyalahkan dari perubahan gaya hidup mereka saat ini. Yang ada justru saling mendukung untuk memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini untuk hal-hal yang baik dan positif.

Sahabat yang budiman!Menyesuaikan diri bukan berarti ikut-ikutan dengan gaya hidup mereka saat ini , tetapi setidaknya dapat mengimbangi apa dan seperti apa gaya hidup mereka saat ini sehingga menjadi sebuah perbandingan dalam mengambil sikap bijak kita sebagai orang tua. Karena kalau kita paksakan dengan gaya hidup mereka saat ini, kita pasti sudah tidak akan sanggup mengejarnya karena faktor umur dan juga faktor lainnya.

Sahabat  yang budiman!Banyak cerita unik dan menarik yang dapat kita jadikan perbandingan dan referensi kehidupan pada era kita masing-masing.  Cerita, prinsip, perspektif dan juga filosofi  dan gaya hidup orang tua kita dan  kaum milenial saat ini.

Ternyata, kalau kita link, mix dan match kan maka tidak ada yang bertabrakan dan bersentuhan antara gaya hidup milenial dengan gaya hidup kita sebelumnya. Justru akan mendapatkan sebuah titik temu yang akan menjadi sebuah kekuatan besar untuk saling mendukung satu sama lain.

Sahabat yang budiman! Beberapa perubahan tentang gaya hidup dan prinsip kaum milenial juga menjadikan mereka lebih tangguh dan kuat dalam menghasilkan karya. Karya yang akan berguna bagi masa depan mereka yang tentunya akan semakin kompetitif lagi dimasa depan. Beberapa filosofi kaum milenial saat ini antara lain:

1. Social media is self image and self-esteem (Media Sosial adalah citra diri dan harga diri mereka)

Sahabat  yang budiman! Kehadiran media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube , line, whatapps, snapchat, path dan lain sebagainya telah membantu mereka dalam membangun citra dan harga diri mereka. Hampir semua kalangan milenial mempunyai akun untuk semua media sosial tersebut.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Karena fungsi dan kegunaan dari media sosial tersebut sangat dibutuhkan oleh mereka saat ini. Baik untuk kepentingan belajar, bekerja, bersosialisasi, promosi, kepentingan bisnis mereka bahkan media sosial terkadang menjadi corong/pengeras suara mereka ataupun juru bicara mereka dalam berbagai masalah dan keadaan.

Sahabat yang budiman! Media sosial kini seakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan para milenial. Sejak pagi hari hingga malam tiba, kaum milenial akan bergantung pada media sosial sebagai tempat mereka berinteraksi dengan teman, sahabat, keluarga maupun orang-orang asing yang dapat mereka jadikan sahabat dan teman.

Selain itu, dampak kehadiran media sosial sebagai pengganti interaksi langsung seakan memberikan kebiasaan baru bagi kita untuk selalu membagikan momen dan aktivitas yang sedang kita lakukan.  Banyak yang akhirnya tidak sengaja curhat atau membagikan kehidupan pribadi tanpa tahu batasan ranah privat dan ranah publik.

Sahabat  yang budiman! Indikasi  bahwa fungsi media sosial kini telah mengalami pergeseran dari sekadar pengganti interaksi langsung menjadi panggung mengekspresikan diri. Media sosial menyediakan fitur bagi kita untuk membagikan pemikiran, pendapat, dan pengalaman yang terkadang atau tidak sengaja masuk ke dalam ranah privat kita sendiri dan terkesan curhat.

Sahabat yang budiman! Seseorang yang membagikan cerita tentang dirinya akan memengaruhi pelepasan senyawa kimia di otak yang memberikan perasaan senang. Hal ini terkait dengan adanya hubungan positif antara interaksi suportif yang didapatkan ketika curhat di media sosial (apabila dirinya mendapatkan dukungan sosial). Hal ini berimplikasi pada perasaan bahagia, pandangan positif terhadap dukungan sosial, rasa kebersamaan serta kepuasan hidup seseorang.

Selain itu, sebagian orang mungkin merasa tidak mudah untuk menceritakan sesuatu dengan orang lain secara langsung. Untuk itu, ketika orang-orang tidak bisa bercerita secara langsung, maka media sosial adalah solusi bagi mereka yang ingin didengarkan tanpa perlu berkomunikasi secara langsung. Orang-orang membagikan cerita pribadinya di media sosial karena mereka ingin berinteraksi sosial  dan menyebarkan pendapatnya sehingga didengarkan oleh publik kemudian mereka mendapatkan respon berupa komen.

Sahabat yang budiman! Dikagumi, dipuji dan pengakuan atas status sosial dari banyak orang dapat memenuhi kebutuhan manusia akan rasa bangga. Seseorang akan merasa bangga dengan dirinya sendiri ketika ia merasa bahwa  dirinya  telah berbuat sesuatu yang “signifikan” pada satu (atau lebih) platform media sosial yang ia gunakan.  Pengakuan sosial dari orang-orang di media sosial pada akhirnya mampu memberikan perasaan bahagia bagi seseorang yang menggunakannya. Pengakuan sosial itu bisa didapat ketika seseorang bercerita tentang kehidupan pribadinya (curhat) yang kemudian mendapatkan respon positif dari banyak orang di media sosial.

2. Best performance is simple and practice (Tampil sempurna itu sederhana dan praktis)

Sahabat yang budiman! Prime performance/ best performance (tampil prima) bagi kaum milenial adalah sederhana dan praktis. Mereka tidak akan menyukai sesuatu yang terlalu fashionable dalam penampilan. Mereka juga tidak suka diatur dalam memilih baju dan pakaian yang sesuai buat mereka. Mereka lebih percaya dengan informasi dari media sosial ketimbang seorang perancang desain pakaian terkenal sekalipun.

Mereka juga tidak akan langsung mengiyakan dan membagikan semua informasi yang mereka dapat dari media sosial, apalagi hoaks (berita palsu/informasi palsu).  Mereka akan melakukan cross check dengan informasi sejenis dari sumber berbeda dan bahkan media sosial yang berbeda, dan setelah semuanya pasti baru mereka akan mengambil kesimpulan dan juga keputusan. Mereka juga akan beramai-ramai melakukan kontra hoaks dan bahkan membully orang-orang yang menyebarkan hoaks.

3. Best family is gadget (Keluarga terdekat adalah gadget)

Sahabat yang budiman!Berbagai perangkat internet dan perangkat seluler saat ini telah merubah prinsip dan mindset  hidup kalangan milenial. Sebuah prinsip yang sangat di pengaruhi oleh kemajuan teknonologi dan maraknya berbagai perangkat seluler saat ini. Sebuah prinsip yang telah link, mix dan match dengan kehidupan mereka saat ini.

Tidak ada yang salah dalam hal ini. Tetapi pengawasan dan kontrol dari orang tua juga masih sangat diperlukan agar terjadi keseimbangan dalam membagi waktu. Kaum milenial juga tidak akan memanfaatkan perangkat seluler mereka untuk hal-hal yang tidak baik. Mereka juga akan selektif dalam memilih teman, berbagi informasi pekerjaan, tempat belajar online, berbagi pengalaman dengan teman,  dan memilih game online.

Sahabat yang budiman! Dampak dari banyaknya perangkat seluler dengan berbagai jenis, merek, fitur dan aplikasi yang ada didalamnya telah membuat kaum milenial lebih dekat perangkat-perangkat tersebut. Mereka telah menjadikan perangkat seluler menjadi bagian keluarga yang tidak akan pernah memarahi mereka. Mereka dapat mengerjakan semua tugas kuliah, belajar online, tugas kantor  dan juga pekerjaan lain dengan perangkat seluler mereka dari rumah, tanpa harus pergi keluar rumah.

Para milenial terkadang juga akan sangat sulit diajak berkomunikasi bahkan cenderung tidak nyambung dengan apa yang kita tanyakan. Mereka sangat fokus dengan gadget mereka untuk mencari berbagai informasi yang ada di aplikasi perangkat seluler. Sehingga orang tua dan temannya pun kadang cenderung geram dan meminta mereka menghentikan sesaat aktivitas perangkat selulernya.

Dampak yang lain adalah anak-anak cenderung lebih suka dirumah ketimbang ikut orang tua untuk menghadiri undangan, menemani belanja ibunya, menjemput keluarga lain, atau acara-acara lain yang melibatkan diri mereka.

Sahabat yang budiman! Perangkat seluler telah merubah gaya hidup mereka menjadi anak rumahan. Terkadang orang tua sampai kesal karena anak-anaknya mulai susah diatur untuk tidur karena terlalu  larut memanfaatkan jari-jarinya untuk sekedar browsing dan chatting tentang apa saja yang akan mereka butuhkan untuk hari-hari berikutnya.

4. Best friend is delivery package application ( Teman terbaik adalah aplikasi paket pesan antar)

Sahabat yang budiman! Berbagai aplikasi delivery food order  dan delivery package yang ada dalam perangkat seluler telah mempermudah para penggunanya.  Pada saat mereka lapar ketika pekerjaan masih sangat banyak dan menumpuk maka mereka akan cenderung memesan makanan via aplikasi delivery food dalam perangkat selulernya.

Pada zaman milenial ini kebutuhan manusia akan sesuatu dapat didapatkan dengan mudah dan praktis. Delivery order makanan bukan sesuatu yang baru dan asing. Semuanya tersedia, tinggal pencet restoran dan kafe mana yang kita pilih untuk memesan makanan dan minuman yang kita inginkan.

Sahabat yang budiman! Zaman milenial telah menuntut segalanya serba praktis, tidak bertele-tele dan dapat datang tepat waktu. Apalagi buat mereka yang tinggal di kota-kota besar yang penuh kemacetan.  Fasilitas dan aplikasi food delivery order dalam perangkat gadget mereka agaikan oase di tengah gurun pasir sahara.

Alasan lain yang bersifat khusus mengapa food delivery service lebih dipilih adalah sebagai berikut:

A. Lebih hemat saat ada acara khusus

Sahabat  yang budiman! Pemesanan dalam jumlah besar biasanya akan banyak mendapatkan diskon dari restoran/ tempat memesan makanan dan minuman. Begitu juga dari paket penyedia aplikasi delivery food order.

Pada saat ada acara khusus seperti ulang tahun, naik pangkat/jabatan, atau acara lainnya biasanya kita akan diuntungkan apabila memesan makanan dan minuman via delivery food order ketimbang kita mendatangi restoranya untuk mengajak teman-teman langsung makan dan minum disanan. Biayanya biasanya bisa dua kali lipat karena mereka pasti akan meminta tambahan makanan yang lain.

B. Hemat waktu dan energi

Sahabat yang budiman! Macetnya jalanan dijam-jam sibuk dan jam pulang kerja merubah mindset kaum milenial untuk berhemat waktu dan energi mereka. Belum lagi banyaknya pekerjaan kantor yang menunggu deadline.

Memesan makanan via delivery food order telah menghemat waktu dan energi mereka hingga lima puluh persen. Keuntungan lainnya adalaha bagi pengguna jasa transportasi umum ini artinya gak harus capek menunggu dan hemat ongkos. Sementara bagi yang punya kendaraan artinya gak ada pengeluaran bahan bakar dan gak bete terjebak macet.

C. Mencegah pemborosan lain dan lebih praktis

Sahabat yang budiman! Hangout adalah sebuah gaya hidup yang disukai oleh kalangan milenial pada saat perangkat seluler belum terlalu banyak menyediakan berbagai aplikasi food order delivery. Tetapi seiring dengan sempurnanya aplikasi food delivery order di perangkat seluler mereka maka mindset hangout pun sudah mulai berubah kecuali saat-saat weekend.

Alasan buat para ibu rumah tangga yang merangkap sebagai wanita karir juga bisa terbantu dengan delivery makanan. Di tengah kesibukan mereka, terkadang mau menyiapkan makanan buat suami dan anak gak ada waktu atau bahkan gak sanggup maka delivery food order adalah pilihan yang tepat untuk menyelesaikan masalah dan tanpa masalah.

5. Best learning is online learning (Cara belajar terbaik adalah via online)

Sahabat yang budiman! Kehadiran berbagai aplikasi pembelajaran online dewasa ini telah merubah prinsip belajar para generasi milenial dari belajar konvensial menjadi pembelajaran berbasis digital.

Kecanggihan perangkat seluler telah menyediakan berbagai sumber belajar online dari mulai dari yang gratisan sampai sumber belajar online yang berbayar. Anehnya, mereka justru lebih asyik belajar dengan cara seperti itu ketimbang face to face dengan coach, guru ataupun tutornya.

6. Best teacher is googling (Guru terbaik adalah google)

Sahabat yang budiman!Dari berbagai aplikasi pembelajaran online yang ada saat ini tentu sudah sangat membantu kalangan milenial untuk menambah wawasan keilmuan mereka. Tetapi pada saat ada keraguan mereka akan segera cross-check dengan sumber belajar dan tempat bertanya lainnya.
 
Mereka telah menjadikan google sebagai guru yang tidak pernah marah dan bahkan dapat memberikan jawaban yang bervariasi sehingga mereka dapat menyimpulkan mana jawaban yang paling tepat buat mereka.

Sahabat yang budiman! Berbeda ketika mereka bertanya langsung dengan sang guru ataupun sang tutor maka jawaban yang diberikan biasanya berasal dari satu sumber sehingga tidak dapat perbandingan lain. Jadi bertanya ke google terkadang lebih menguntungkan daripada bertanya pada guru yang mengampu pelajaran.

Tetapi hal ini tentu khusus untuk ranah pengetahuan. Sementara untuk ranah sikap dan keterampilan tetap harus bertanya dan diuji secara langsung oleh guru yang mengampu mata pelajaran. Tetapi dengan adanya web browser google maka guru mereka bertambah satu. Dan guru yang bernama google ini memang tidak akan pernah marah dan kecewa terhadap kalangan milenial ini.

7. Best reference is ebook  (Referensi sumber belajar terbaik adalah ebook)

Sahabat yang budiman! Dalam menulis karya ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis dan karya ilmiah lainnya, kalangan milenial pun lebih suka electronic book (ebook) ketimbang buku konvensional.

Dilihat dari cara kerja kaum milenial yang tidak bisa jauh dari perangkat internat dan perangkat seluler lainnya maka ebook adalah pilihan yang tepat dalam mencari referensi karena langsung terhubung dengan perangkat seluler mereka.

Kerja jadi praktis dan hemat waktu tanpa harus pergi ke toko buku ataupun mengunjungi perpustakaan yang tujuannya sama untuk mencari referensi karya tulis ilmiah. Mereka cukup melakukannya dirumah dan tinggal booking jenis bukunya, bayar via aplikasi perbankan dalam seluler mereka dan langsung bisa download ebooknya.

8. Best shopping is online shopping (Memilihi membeli sesuatu via online)

Sahabat yang budiman! Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sekarang ini lebih suka belanja online seiring dengan banyaknya promo barang-barang dari berbagai jenis melalui media sosial. Pertumbuhan pembelian barang via online pun terbilang sangat fantastis. Dari hasil survey yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 oleh kementerian komunikasi dan informasi ternyata nilai belanja online diperkirakan mencapai 144 triliun dengan jumlah orang yang berbelanja online di Indonesia ada di kisaran 24,7 juta orang.

Sahabat yang budiman! Trend nya pasti akan terus meningkat dari tahun ketahun. Sebuah angka yang sangat luar biasa. Dampaknya adalah pertumbuhan tersebut membuat ekosistem bisnis online menjadi semakin menggiurkan karena trend belanja online memang menawarkan begitu banyak kemudahan dibandingkan harus mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan diberbagai kota. Kenaikan belanja online bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang perlu kita pelajari mengapa trend tersebut terus meningkat. Silahkan simak ulasan berikut ini.

A. Kesempatan memperoleh  promo barang yang diinginkan

Sahabat  yang budiman! Dengan semakin berkembangnya toko online, membuat mereka selalu menawarkan promo untuk menarik para pelanggan mereka terutama para kalangan milenial. Tentu hal ini membuat milenial semakin menggemari belanja online. Promo yang ditawarkan sudah tentu sangat memanjakan para pembeli yang kebanyakan dari kaum milenial dan kesempatan ini sangat jarang didapatkan di toko biasa

Sahabat yang budiman! Pada saat kaum milenial  menemukan adanya voucher belanja dan adanya bonus pembelian atau adanya penawaran diskon khusus maka mereka akan langsung mengejar dan berbondong-bondong untuk membelinya. Mereka cukup mengunjungi web e-commerce besar yang ada sekarang ini, mereka akan melihat berbagai penawaran menarik.

Sahabat yang budiman! Penawaran dan model promosi seperti ini merupakan bukti yang kini membuat belanja online menjadi trend yang terus tumbuh pesat karena calon pembeli memperoleh banyak keuntungan.

B. Keamanan yang lebih terjaga

Sahabat yang budiman! Belanja online juga sangat aman, terutama pada toko besar seperti tokopedia, bukalapak dkk. Electronic Commerce (e-commerce) sudah memiliki nama besar. Mereka menerapkan sistem transaksi yang sangat aman dan berlapis. Sistem pembayaran di desain sedemikian rupa, sehingga keamanan antara penjual dan pembeli memang benar benar dijaga sebaik mungkin.

Sahabat yang budiman!Dana pembelian Anda tidak akan langsung masuk ke rekening penjual sebelum barang Anda sampai, nah setelah barang sampai dan sesuai dengan keinginan, barulah dana pembelian tadi di transfer ke rekening penjual.

C. Praktis dan lebih murah

Sahabat yang budiman! Praktis menjadi alasan utama mengapa para milenial memilih belanja online. Belanja online memang sangat praktis dan mudah. Calon pembeli cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet sudah bisa belanja dari mana saja dan kapan saja.

Dukungan dari sistem pembayaran online banking sekarang ini, sudah tentu belanja apapun hanya dari smartphone saja. Setelah proses pembelian selesai, barang akan dikirim ke pembeli menggunakan jasa kurir.

Sahabat yang budiman! Jasa kurir juga semakin hari semakin banyak, harga yang ditawarkan turut bersaing. Sistem mereka juga semakin canggih. Pembeli dapat melacak keberadaan pesanan mereka kapanpun. Faktor praktis inilah yang menjadi alasan kuat mengapa masyarakat lebih banyak beralih ke sistem belanja online.

Banyaknya tawaran produk yang saling bersaing juga sangat menguntungkan calon pembeli dari kalangan milenial ini. Mereka dapat membandingkan harga dan promosi yang ditawarkan sehingga memperoleh harga yang murah tetapi memperoleh produk yang baik dan berkualitas sesuai keinginan mereka.

D.Dapat Membandingkan Produk dengan Mudah

Sahabat yang budiman!Kelebihan lain dari belanja online adalah, para milenial  dapat dengan mudah membandingkan produk. Jika di toko offline mereka harus kesana kemari, belum lagi biaya transportasi. Dengan via online, mereka hanya perlu mengakses berbagai toko hanya dari smartphone saja.

Sahabat yang budiman! Trend ini kini terus berkembang, masyarakat dapat mengetahui harga suatu produk dengan cepat. Tak perlu lagi kesana kemari, cukup dari smartphone saja, masyarakat sudah bisa mengetahui perbandingan produk. Inilah alasan yang kuat mengapa belanja online jauh lebih menyenangkan dan lebih menguntungkan jika dibanding belanja biasa.

E. Banyaknya pilihan pembayaran

Sahabat yang budiman! Kemudahan lainnya yang ditawarkan sistem belanja online adalah sistem pembayaran yang sangat bervariasi. Ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggunakan sistem transfer bank, kartu kredit atau penukaran kupon hadiah even tertentu.

Sahabat yang budiman! Sistem pembayaran elektronik semakin mengembangkan teknologi nya. Hal ini justru membuat pelanggan menjadi lebih leluasa memilih metode pembayaran. Berbeda dengan belanja di toko biasa, sebagian besar menggunakan uang tunai. Yang tentu dari segi waktu dan urusan akan lebih ribet lagi.


Post a Comment

7 Comments

  1. kaum milenial memang sensasional

    ReplyDelete
  2. Kaum milenial menuntut semuanya serba praktis dan efisien

    ReplyDelete
  3. Kaum milenial menuntut semuanya serba praktis dan efisien

    ReplyDelete
  4. Kaum milenial merupakan suatu generasi yang sangat beruntung karena terlahir pada zaman yang sudah maju dan teknologi informasi sudah berkembang pesat

    ReplyDelete
  5. Beryntung mereka lahir dizaman yang semuanya sudah modern dan canggih

    ReplyDelete