loading...

Filosofi Ibu


Sahabat yang budiman! Ibarat sebuah pepatah tentang mulianya hati seorang ibu maka Ibu adalah nyawa dunia. Perannya tidak dapat tergantikan oleh pembantu atau babysister sekalipun. Di rumah tangga, ibu berperan sebagai fasilitator bagi berjalannya sebuah manajemen rumah tangga yang baik.

Seorang Ibu memiliki juga memiliki pengaruh yang besar dalam rumah tangga. Ia berperan sebagai inspirator dan stimulator. Seorang suami menjadi kerasan dirumah dan mengkonsumsi makanan yang sehat berkat seorang istri. Seorang anak merasa nyaman dirumah, terjaga kebutuhan gizinya, berkat peran seorang ibu.

Sahabat yang budiman! Sosok ibu adalah sosok yang bersahaja dan tanpa pamrih. Dia akan merelakan dan memberikan apa saja bagi semua anak-anaknya. Termasuk mengorbankan jiwa dan raganya untuk anak-anak tercintanya. Keteladanan sosok ibu juga tiada duanya. Sehingga melahirkan sikap baik budi dan baik sangka. Karena sosok ibu memang benar-benar paripurna.

Banyak inspirasi dan pelajaran tentang kehidupan yang dapat diambil dari sosok seorang ibu yang penuh dengan ketulusan dan keikhlasan. Inspirasi tersebut banyak didapat dari filosofi seorang ibu yang akan selalu berjuang bagi keberhasilan dan kesuksesan anak-anaknya. Adapun filosofi ibu adalah sebagai berikut:

1.Tetap sabar walaupun jarang menerima kabar dan selalu tetap tawakal walaupun sering disangkal

Sahabat yang budiman! Peran dan sosok ibu sangat penting dalam sebuah keluarga, terutama bagi tumbuh kembang anak – anaknya. Dari rahim ibu kita lahir, kemudian disusui, ditimang dan diasuh dengan penuh kasih sayang sehingga kita tumbuh menjadi besar dan dewasa.

Ibu akan selalu mengasuh dan mengajarkan kita untuk membuka mata untuk melihat dunia. Ibulah yang mengajarkan kita kata, warna, ambisi dan cinta kasih. Sosok ibu juga berperan penting dalam pembentukan karakter dan watak. Bahkan, masa depan anak bangsa juga diawali dari pendidikan yang diberikan sang ibu di dalam keluarga. Ibu akan selalu mengajarkan agar kita membuka mata untuk melihat dunia. Hingga kita pun sebagai anak-anaknya akan bersemangat untuk mengejar masa depan kita.

Ada kalanya dalam mencari kehidupan dan masa depan kita tidak berada satu kota dengan ibu kita karena alasan pekerjaan atau bahkan rumah tangga.

Sosok ibu tetap punya keyakinan bahwa semua anak-anaknya pasti akan pulang kapanpun waktunya. Sosok ibu akan tetap sabar dengan keyakinan dan semangat yang dimilikinya walaupun terkadang kita jarang meluangkan waktu untuk sekedar bertanya tentang kabar dan kesehatannya.

Selain itu, sosok ibu akan selalu sabar dan memendam semua ego nya pada saat dia kesal terhadap kita sebagai anak-anaknya. Semuanya di simpan dalam lubuk hati yang paling dalam. Sering tanpa sadar kita melukai hatinya, tapi ibu tetap akan tawakal dengan tingkah laku kita yang sering menyangkal. Sungguh benar-benar mulia sosok seorang ibu.

Ibulah yang mengajarkan kita kata, warna, ambisi dan cinta kasih. Sosok ibu juga erperan penting dalam pembentukan karakter dan watak. Bahka, masa depan anak bangsa juga diawali dari pendidikan yang diberikan sang ibu di dalam keluarga.

2.Sanggup memelihara dan menjaga 10 anak tetapi 10 anak belum tentu bisa memelihara dan menjaga satu orang ibu.

Sahabat yang budiman! Perjuangan seorang ibu yang tanpa kenal lelah dalam membesarkan dan mendidik anak-anaknya akan mengantarkan kita menjadi pribadi-pribadi yang beraneka ragam. Seorang ibu tidak akan pernah mengajarkan hal yang tidak baik terhadap anak-anaknya. Tetapi seiring berjalannya waktu lingkungan dan teman turut mempengaruhi semua sikap dan  perilaku kita.

Ibu akan dapat melindungi, mengayomi, membimbing dan mendidik 10 anak untuk menjadi anak-anak yang baik, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Berkat ibu semua kita menjadi anak-anak yang baik dan sukses. Tetapi apabila kita balikkan kepada diri kita maka akan sangat sulit buat kita untuk memelihara ibu kita.

Kita terkadang akan selalu mengelak dan berdalih dengan berbagai macam alasan yang terkadang tidak masuk akal. Belum lagi alasan istri dan suami kita yang terkadang terlihat keberatan dengan kehadiran ibu kita di rumah kita. Dan ibu akan mengetahui semua ketulusan kita walaupun tidak pernah diucapkan kepada kita. Begitu juga sebaliknya, sosok ibu akan mengetahui tulus tidaknya suami/istri kita terhadap kehadiran sosoknya dirumah kita.

3.Tetap tersenyum walaupun hatinya kesal , dan tetap gembira walaupun perasaannya terluka

Sahabat yang budiman! Masih bercerita tentang sikap pasangan kita yang terkadang keberatan dengan kehadiran ibu kita. Biasanya perasaan seorang ibu akan sangat sensitif dengan semua perlakuan kita. Mulanya dicobanya untuk tetap bertahan dengan semua kondisi dan situasi dirumah kita.  Tetapi semakin lama maka seorang ibu tidak akan betah dirumah kita lagi karena kita memang tidak tulus dan tidak ikhlas dengan kehadiran ibu dirumah kita.

Dalam situasi tersebut maka, biasanya ibu akan bilang” biarlah ibu dirumah lama saja, rumah itu tidak ada yang menjaga lagi?”. Singkat kata kembalilah ibu kita ke rumah yang lama. Saudara kandung kita mulai dari abang hingga adik kita pasti berprasangka tidak baik terhadap kita. Kita pun akan berusaha menjelaskan bahwa semua keinginan ibu sendiri.

Sosok ibu memang tidak akan menyampaikan kalau hatinya kesal dan terluka atas semua perlakuan kita. Dia akan tetap tersenyum dan gembira dihadapan anak-anaknya. Apabila saudara kita yang lain menawarkan ibu kita kita untuk tinggal bersama mereka. Ibu pasti akan menolaknya, karena ibu pasti akan menjaga perasaan dan harga diri kita dihadapan saudara kita yang lain.

4.Tetap menjadi sosok pembela yang selalu siap berkorban untuk anak-anaknya

Sahabat yang budiman! Seberat apapun salah anak-anaknya dimata orang lain, ibu akan selalu hadir untuk menjadi tameng dan garda terdepan dalam membela anak-anaknya. Itulah sosok ibu yang selalu pasang badan untuk anak-anaknya. Seorang ibu tidak akan pernah membiarkan anak-anaknya disalahkan orang lain.

Walaupun seorang ibu mengetahui bahwa anak-anaknya bersalah, tetapi seorang ibu akan tetap membela anak-anaknya dan tetap tidak akan membiarkan orang lain menyakiti anak-anaknya. Seorang ibu juga rela mengorbankan nyawanya apabila ada orang lain mengganggu dan menghancurkan masa depan anaknya. Kasih ibu memang tiada duanya karena ibu memang sosok yang jadi pembeda yang ada dalam keluarga kita.

5.Selalu memberi tanpa mengharap kembali.

Sahabat yang budiman! Ibu adalah nyawa dunia, peran ibu tidak dapat tergantikan oleh pembantu atau babysister sekalipun. Di rumah tangga, ibu berperan sebagai fasilitator bagi berjalannya sebuah manajemen rumah tangga yang baik. Ibu memiliki pengaruh yang besar dalam rumah tangga. Ia berperan sebagi inspirator dan stimulator.

Seorang anak merasa nyaman dirumah, terjaga kebutuhan gizinya, berkat peran seorang ibu. Ibu merupakan kunci maju atau mundurnya suatu generasi. Dengan kasih sayangnya, ibu merawat kita hingga meraih sukses tanpa pernah meminta balasan.

Sosok ibu menjadi begitu domian bagi kehidupan anak – anaknya. Sebab, peran ibu begitu besar dalam mengantarkan keberhasilan seorang anak menjadi generasi yang shalih dan shalihah. Seorang ibu akan sangat bahagia melihat anak-anaknya berhasil dan sukses. Begitu juga sebaliknya, seorang ibu akan sangat bersedih dan mengeluarkan air matanya apabila melihat anak-anaknya berkesusahan dan menghadapi banyak masalah.

Sahabat yang budiman! Bersegeralah untuk memperhatikan ibu kita sebelum semuanya terlambat. Jangan membiarkan air matanya mengucur karena kesedihan dan penderitaannya. Segeralah mengajak ibu kita untuk tinggal bersama kita agar dapat kita rawat dengan sebaik-baiknya hingga akhir hayatnya.

Alangkah sedih dan merasa bersalah dan berdosanya kita apabila  ibu kita telah meninggalkan kita, sementara kita belum bisa membahagiakannya. Dia tidak akan pernah meminta apalagi menghiba karena itu adalah watak ibu yang sesungguhnya. Dan apabila kita terlambat untuk berbuat yang terbaik untuk ibu kita maka sia-sialah semuanya.

Apapun yang akan kita rencanakan untuk membahagiakan ibu kita sudah tidak ada gunanya lagi. Apapun yang kita impikan untuk membuat ibu bahagia semuanya percuma. Karena ibu sudah tidak ada.

Datangi dan segeralah bersimpuh kepadanya untuk meminta maaf atas semua kesalahan yang telah kita perbuat kepada ibu kita.


Post a Comment

2 Comments

  1. beruntung orang orang yang masih memiliki ibu

    ReplyDelete
  2. ibu adalah bagian hidup kita yang tidak akan pernah tergantikan oleh apapun dan oleh siapapun

    ReplyDelete