loading...

5 Fase Perkembangan Karir dalam Kehidupan Manusia


Keberhasilan dan kesuksesan merupakan impian semua orang yang ada di dunia ini. Semua orang akan mempersiapkan diri dan masa depannya sebaik mungkin agar dapat meraih kesuksesan dan keberhasilan dalam hidupnya. Berbagai cara dan usaha dilakukan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mulai dari memilih pendidikan yang tepat, jurusan yang tepat, sekolah yang tepat, hingga lingkungan yang sesuai dan dapat mendukung cita-cita dan karirnya dimasa depan.

Proses keberhasilan dan kesuksesan seseorang  tentu akan sangat tergantung pada keuletan, kerja keras, usaha, perjuangan , motivasi dan do’a seseorang.  Keberhasilan tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Keberhasilan datang karena adanya kerja keras dan perjuangan seseorang dalam mencapainya.  Persiapan untuk mencapai keberhasilan tersebut tentu membutuhkan waktu dan tidak akan datang secara tiba-tiba.

Masa remaja merupakan masa persiapan diri dimana pada masa tersebut kematangan tubuh dan kedewasaan sudah mulai kelihatan. Pada masa tersebut mereka sedang mempersiapkan diri untuk menuju pembentukan pribadi yang dewasa sehingga menjadi tangguh dalam meraih masa depannya. Untuk mendukung dan memberikan motivasi kepada para remaja yang sebentar lagi memasuki masa dewasa maka bimbingan dan arahan sangat dibutuhkan oleh mereka.

Salah satu bimbingan yang dibutuhkan mereka adalah bimbingan karir bagi masa depannya. Bimbingan  karir  merupakan  salah  satu proses  layanan yang  bertujuan  membantu  siswa  dalam  proses  pemahaman  diri, pemahaman  nilai-nilai,  pengenalan  lingkungan,  hambatan  dan  cara  mengatasinya serta perencanaan masa depan yang baik dan benar.

Bahkan, melalui   pendidikan   di   sekolah   para siswa sebenarnya sudah dibekali   dengan   berbagai   pengetahuan,   keterampilan,   nilai dan   sikap-sikap tertentu yang berguna bagi masa depan para siswa sekalian.  Bekal  yang  diperoleh  siswa  di  sekolah  bertujuan  untuk  mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja. 

Di sisi lain, sebenarnya proses  pilihan  karir  seseorang itu  terjadi  sepanjang  hidup  mereka. Bahkan tidak semua kesuksesan orang pada saat ini sesuai dengan perencanaan dan cita-citanya dari awal. Dan itu merupakan hal yang biasa apabila suatu  ketika  seseorang  berubah  pikiran dari perencanaan karir sebelumnya. Dan hal tersebut memang sangat dimungkinkan.

Selain itu, faktor sempatan dan faktor luck ternyata memang ada dan menjadi penentu juga dalam jenjang karir seseorang. Pilihan karir juga tidaklah terjadi sekali saja dalam hidup manusia. Pilihan karir itu dapat datang berkali-kali dan silih berganti sesuai dengan keuletan seseorang dalam mengejarnya. Orang yang berhasil dan sukses saat ini, rata-rata juga akibat semangat pantang menyerah dan terus berusaha. Mereka terbiasa dengan jatuh bangun dalam meniti karir mereka.

Mereka benar-benar telah menjadi orang-orang yang teruji dalam mengejar karir dan mewujudkan impian hidupnya. Mereka menyadari betul bahwa fase dan jenjang karir seseorang itu ada batas dan waktunya. Karena menyadari bahwa fase perkembangan karir seseorang  itu tidak selamanya menunjukkan grafik yang meningkat dan trend positif, maka mereka pun telah melakukan persiapan sebaik mungkin, agar eksistensinya selalu ada walaupun trend karirnya mulai menurun dan cenderung fluktuatif.

Adapun 5 Fase perkembangan karir manusia adalah sebagai berikut:

1. Fase  pengembangan  (growth)  yang  meliputi  masa  kecil  sampai  usia  15  tahun. Dalam fase ini anak mengembangkan bakat-bakat, minat, kebutuhan, dan potensi, yang  akhirnya  dipadukan  dalam  struktur  konsep  diri  (self-concept  structure).

2. Fase eksplorasi (exploration) antara umur 16-24 tahun, di mana saat ini remaja mulai  memikirkan  beberapa  alternatif  pekerjaan  tetapi belum dapat mengambil keputusan.

3. Fase  pemantapan  (establishment),  antara  umur  25-44  tahun.Pada  fase  ini manusiasudah  memilih  karir  tertentu  dan  mendapatkan  berbagai  pengalaman positif  maupun  negatif  dari  pekerjaannya. Dengan  pengalaman  yang  diperoleh  ia lalu  bisa  menentukan  apakah  ia  akan  terus  dengan  karir  yang  telah  dijalani  atau berubah haluan.

4. Fase pembinaan (maintenance) antara umur 44-65 tahun, di mana orang sudah mantap  dengan  pekerjaannya  dan  memeliharanya  agar dia  bertekun  sampai  akhir;

5. Fase  kemunduran  (decline),  masa  sesudah  pensiun  atau  melepaskan  jabatan tertentu. Dalam fase ini orang membebaskandiri dari dunia kerja form

Post a Comment

0 Comments