loading...

Makna dan Filosofi Mesjid Paripurna


Sahabat laman24.com yang budiman! Mesjid adalah tempat beribadah yang sangat nyaman buat kaum muslimin. Selain itu, mesjid merupakan tempat orang berkumpul dan melakukan shalat secara berjama ah dengan tujuan meningkatkan solidaritas dan silaturahmi di kalangan kaum muslimin.

Mesjid juga ibarat rumah besar yang dapat menyatukan umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah SWT tanpa melihat dari mana berasal, dimana tempat tinggal, berasal dari suku apa, dan ras apa. Semua umat muslim akan bersatu pada dalam sebuah mesjid untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

Seiring perjalananan waktu, maka fungsi sebuah mesjid juga mengalami penambahan. Selain tempat beribadah, mesjid juga merupakan tempat untuk mencari dan menambah ilmu pengetahuan tentang semua bidang kehidupan didunia dan di akhirat, baik secara “Hablum Minallah dan Hablum Minannas”. Hal itu dapat dilakukan melalui majelis ilmu yang mengkaji tentang pentingnya hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia.

Bentuk-bentuk majelis ilmu yang dapat dilakukan didalam sebuah mesjid antara lain; ceramah agama, pengajian, majelis taklim, bedah buku, seminar keagamaan dan lain-lain. Mesjid yang merupakan tempat orang berkumpul dan melakukan shalat secara berjama ah dengan tujuan meningkatkan solidaritas dan silaturahmi di kalangan kaum muslimin.

Sahabat laman24.com yang budiman, mesjid paripurna adalah mesjid yang lengkap ditinjau dari tiga kriteria, yaitu aktivitas imarah, idarah, dan ri ayah. Untuk mengetahui pengertian imarah, idarah dan ri’ayah, berikut penjelasannya:

Layak tidaknya sebuah mesjid untuk dijadikan mesjid paripurna dapat dilakukan dengan melihat para jamaah yang melaksanakan shalat berjama ah, melaksanakan wirid rutin mingguan, melaksanakan peringatan hari-hari besar islam, mengadakan berbagai pertemuan dan diskusi, mengadakan kunjungan silaturahmi, menyelenggarakan pendidikan, melaksanakan kegiatan remaja masjid, seminar, majelis ilmu, majelis taklim dan bagaimana penyelenggaraan fardhu kifayah bagi kaum muslimin yang meninggal.

Sementara, aktivitas dalam bidang idarah (manajemen mesjid) dapat dilihat dari bagaimana pengurus mesjid  melaksanakan manajemen kepengurusan mesjid yang baik, melaksanakan tata kelola keuangan, melaksanakan tata kelola administrasi mesjid, melaksanakan tata kelola koperasi (koperasi syariah), melaksanakan tata kelola kesehatan (sejenis klinik yang menyediakan obat obatan ringan) , dan melaksanakan tata kelola perpustakaan mesjid untuk menambah ilmu pengetahuan dan kajian ilmu bagi para jamaahnya.

Kemudian aktivitas dalam bidang ri ayah (pemeliharaan fisik bangunan) akan menuntun para jamaah untuk selalu melaksanakan  pembangunan dan pemeliharaan mesjid dengan sebaik-baiknya, menjaga ruangan yang tertib dan teratur, menata halaman dengan baik, membuat taman mesjid, menjaga kebersihan dan keindahan mesjid, menata menara mesjid dengan nilai artistik/ fantasi yang tinggi, dan menjaga keindahan fisik bangunan secara berkelanjutan.

Sahabat laman24.com yang budiman, uraian diatas telah memberikan mindset baru buat kita bersama bahwa filosofi mesjid paripurna adalah tempat beribadah terpadu yang menjadi basis umat baik untuk kehidupan didunia dan diakhirat. Hal ini bermakna bahwa mesjid paripurna akan membentuk ahlak yang mulia bagi seluruh jamaahnya tanpa terkecuali karena akan terjadi peningkatan yang signifikan dari delapan kriteria mesjid paripurna berikut ini:

1. Frequensi shalat berjama ah akan selalu meningkat dari waktu ke waktu
2. Pendidikan Formal dan Taman Kanak-Kanak Qur an (TKQ)/ Taman Pendidikan al- Qur an (TPQ)      akan semakin bergairah seiring dengan perbaikan fasilitas tempat belajar.
3. Pelatihan juru dakwah dan imam / khotib akan menjadi prioritas dan terjadwal dengan baik.
4. Majelis taklim, data guru, data jama ah akan tersusun secara rapi dan detil.
5. Pengajian rutin bapak-bapak, lbu-ibu, pemuda / remaja akan lebih semarak
6. Remaja mesjid akan mempunyai semangat baru dalam berkarya dan beribadah
7. Penerimaan dan pembagian BAZ/LAZ akan lebih baik dan berintegritas.
8. Kegiatan sosial/bakti sosial akan selalu dilaksanakan oleh para jamaah mesjid.

Post a Comment

8 Comments

  1. syiar agama harus tetap dikumandangkan

    ReplyDelete
  2. terima kasih....mudah2an .....Aamiin

    ReplyDelete
  3. mudah2an jemaah bertambah dan selalu shalat di mesjid

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan...jemaah juga sangat menentukan untuk menjadikan sebuah mesjid menjadi mesjid paripurna

      Delete
  4. Motivasi besar agar para jamaah hijrah dari biasa shalat dirumah menjadi shalat di mesjid

    ReplyDelete