loading...

Filosofi Dolphin


Sahabat  yang budiman! Dolphin (Lumba-lumba) adalah jenis hewan mamalia laut yang sangat mengesankan bagi siapa saja yang ada dimuka bumi ini. Selain imut dan lucu, dolphin mempunyai kecerdasan dan kepintaran luar biasa, jiwa bersahabat yang sangat tinggi.

Instinct menolong dari kelompok dolphin memang sangat sangat mengesankan tapi sebenarnya sekaligus mengherankan  buat kita semua sebagai manusia mahluk paling sermpuna dimuka bumi ini. Tetapi itulah yang terjadi karena ternyata dolphin sangat  bersahabat baik dengan kita sebagai manusia.

Sahabat yang budiman! Bukti nyata dari keramahan dolphin terhadapa manusia adalah kelompok dolphin sering mengiringi suka mengiringi kapal kapal yang berlayar di tengah lautan di sisi kiri dan kanan lambung kapal.

loading...
Hal ini sekaligus  menjadi tontonan tersendiri bagi penumpang kapal yang pada akhirnya akan terheran- heran dan takjub dengan keramahan, atraksi melompat dan meliuk ke permukaan laut yang dilakukan kelompok dolphin tersebut.

Sahabat yang budiman! Ternyata, kelompok dolphin tersebut bukan sekedar mengiringi kapal-kapal berlayar saja. Yang semakin membuat kita takjub adalah kelompok dolphin juga sering menolong orang-orang yang tersesat ditengah laut dan orang-orang yang nasibnya terkatung-katung dilaut lepas dengan rasa putus asa.

Disaat itulah kelompok dolphin datang dan menolong manusia untuk sekedar membantu membawa mereka dan menggiring mereka ketepi laut. Bahkan terkadang lebih cepat pertolongan kelompok dolphin daripada pertolongan Tim Badan Search and Rescue (BASARNAS).

Sahabat yang budiman! Semakin penasaran dengan dolphin maka semakin mempunyai keinginan besar untuk mempelajari tentang dolphin. Semakin mengetahui tentang perangai dan tingkah laku dolphin maka semakin banyak inspirasi yang kita dapat sebagai manusia dimuka bumi ini.

Dolphin bukan hanya sekedar lucu, imut dan pintar tetapi dolphin adalah hewan mamalia laut cerdas yang hidup penuh keceriaan dan penuh harapan untuk kelangsungan hidup mereka.

Sahabat  yang budiman! Sekedar berbagi pengalaman bahwa dalam atraksi lumba-lumba, seperti sirkus, sea world di Ancol dan bahkan atraksi lumba-lumba keliling kota. Walaupun sebenarnya atraksi ini sering dikecam oleh para pegiat dan pecinta satwa laut. Tetapi sirkus dan atraksi yang menggunakan dolphin tetap marak terjadi di Indonesia.

Mereka berasalan dan mencoba memberi pembenaran  bahwa anak-anak Indonesia harus memahami sifat, instinct, cara hidup lumba-lumba, anatomi tubuh lumba-lumba dan sederet alasan lain yang bisa meyakinkan pemerintah untuk mengadakan atraksi lumba-lumba tersebut.

Sahabat  yang budiman! Terlepas dari pro dan kontranya atraksi tersebut, atraksi lumba-lumba telah membuktikan kepada kita semua bahwa lumba-lumba adalah hewan mamalia laut yang paling cerdas, pintar, penurut, dan sangat bersahabat dengan manusia.

Dalam atraksi lumba-lumba antara irama musik dari loud speaker yang keras, instruksi-instruksi pelatih ahli, semuanya senada seirama dengan gerakan lumba-lumba.

Kemudian ditambah penjelasan MC yang sebenarnya lebih cocok dibilang “ dalang “ karena lebih banyak menjelaskan, mengatur skenario pertunjukan dan memberi pembenaran-pembenaran tentang kegiatan atraksi lumba-lumba bagi semua anak-anak dan juga orang awam juga semuanya dapat berjalan senada seirama dengan perintah pelatih dan juga aba-aba yang diberikan.

Sahabat yang budiman! Beberapa lumba-lumba dapat meliuk-liuk kan kepalanya kepermukaan dengan serempak dan kompak. Begitu juga sebaliknya kelompok lumba-lumba tersebut juga dapat meliuk-liukan ekornya ke permukaan secara kompak dan serentak dengan aba-aba dan musik yang dibunyikan.

Dapat menggiring bola bersamaan mengeliling kolam, dapat tidur-tiduran di pinggir kolam besar yang disedikan dapat melompat tinggi ke permukaan air kolam dan melewati batas kawat ataupun tali yang disediakan dan juga dapat berinteraksi dengan semua penonton.

Sahabat yang budiman! Secara ilmiah ternyata dolphin dapat tidur dengan sebelah mata dan sebelah otak. Lumba-lumba juga dapat menggunakan kedua matanya untuk 2 fungsi yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Sebelah matanya tetap akan menghadap lurus kedepan , sementara sebelah mata yang lain akan berfokus pada serangan-serangan yang yang dapat membahayakan dirinya dan kelompoknya.Dengan demikian lumba-lumba dapat menutup salah satu matanya dan mengisitirahatkan separuh otaknya.

Selang beberapa lama, ia ganti melakukan hal yang sama pada mata dan separuh otaknya yang lain. Dengan cara ini, lumba-lumba tidak pernah tertidur penuh dan selalu terjaga dari bahaya. Selain itu, lumba-lumba juga sangat peka dalam melihat dan mendengar suara-suara didalam gelapnya lautan daripada manusia yang melihat dan mendengar sesuatu dibalik terangnya cahaya matahari.

Sahabat  yang budiman! Itulah dolphin (lumba-lumba) hewan mamalia laut dengan segudang kepintaran dan seabrek kelebihan yang tidak dimiliki hewan lainnya. Mamalia laut ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa dengan sistemnya yang sempurna dan lengkap sehingga mereka dapat menemukan arah dengan sistem sonar dari getaran suara yang dihasilkan dalam berkomunikasi yang sangat paripurna.

loading...
Sahabat  yang budiman! Teryata banyak inspirasi dolphin yang dapat kita jadikan filosofi kehidupan. Inspirasi dan filosofi tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, antara lain:

1.Kemampuannya mengirim pesan dan sinyal bahaya lewat sonar suara yang mencapai kejauhan 220 meter untuk kelompok dan pasangannya menggambarkan bahwa kemampuan dan kelebihan yang kita miliki sebagai mahluk paling sempurna dimuka bumi sudah semestinya kita gunakan untuk menolong orang lain yang membutuhkan.

Sahabat yang budiman! Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba.

Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Selain itu, lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan.

Sahabat  yang budiman! Lagi-lagi sistem tersebut di implementasikan oleh manusia dalam bentuk teknologi yang kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam. Benar-benar menakjubkan bukan?

Sementara, sebagai hewan mamalia laut maka lumba-lumba juga menyusui anak-anaknya. Hal ini menggambarkan kepada kita manusia bahwa sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan bisa hidup sendiri. Pasti berpasangan dan berkelompok/bermasyarakat. Begitu juga dengan dolphin yang ingin melanjutkan kehidupan mereka, maka mereka pun berkelompok-kelompok yang biasanya disebut pods. Satu pods biasanya bisa terdiri dari puluhan bahkan ratusan lumba-lumba.

Hal yang menarik adalah kelompok lumba-lumba tersebut akan berenang bersama, mencari makan bersama, bahkan saling mengingatkan akan keberadaan musuh yang ada disekitarnya. Tidak berhenti sampai disitu, para lumba-lumba ini juga bisa bergabung dalam sebuah kelompok Superpods yang terdiri dari 1.000 lumba-lumba.

2.Sebagai mamalia laut yang cerdas, pintar dan bersahabat,  ternyata  sistem alamiah yang melengkapi tubuh dolphin pun sangat kompleks dan sempurna yang salah satunya adalah kulit lumba-lumba dapat dan mampu memperkecil gesekan air sehingga kelompok lumba-lumba dapat berenang dengan leluasa dengan sedikit hambatan air.

Sahabat  yang budiman! Inspirasi itulah yang menjadi cikal bakal manusia dalam membuat dan merancang baju renang yang hampir mirip dengan kulit lumba-lumba. Sehingga para perenang akan sangat nyaman dalam berenang senyaman lumba-lumba dalam berenang yang terkadang mencapai ribuan mil dalam dalam satu jam.

Begitu cerdasnya lumba-lumba sebagai hewan mamalia laut sehingga menjadi hewan yang sangat teruji dan terlatih. Lumba-lumba dapat menolong manusia, bila lumba-lumba sudah terlatih, bahkan lingkaran api pun dapat mereka terobos. Bahkan lebih cerdas dari singa laut, spesies primata, paus dan anjing walaupun mereka tergolong hewan yang cerdas juga.

Sahabat yang budiman! Lumba-lumba yang sudah terlatih dapat melakukan berbagai atraksi dan mereka juga dapat berhitung, tetapi Lumba-lumba liar belum dapat melakukan berbagai atraksi.

3.Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam oleh manusia.

4.Sifat lumba-lumba yang selalu membawa bayi lumba-lumba yang baru lahir ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara menggambarkan kasih sayang keluarga mereka terhadap keturunannya. Begitu juga hendaknya manusia. Sebagai orang tua, ayah, ibu , anak harus bahu membahu menjadi satu agar menjadi keluarga yang bahagia.

Sahabat  yang budiman! Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernafas supaya tetap hidup. Lumba-lumba bernafas melalui lubang udara yang terletak di atas kepalnya. Tubuhnya yang licin dan ramping sangat sesuai untuk berenang.

Sementara, induk lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar. Setiap anak lumba-lumba selalu berada di dekat induknya, sehingga ibunya bisa melindungi dari bahaya.

Kemudian, lumba-lumba akan selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Induk lumba-lumba memanggil anak anaknya dengan siulan khusus yang bisa mereka kenali karena pada prinsipnya lumba-lumba adalah binatang yang cerdas.

5.Kerjasama kelompok lumba-lumba yang kompak dan penuh keceriaan menggambarkan bahwa lumba-lumba dapat bekerja sama dan bermain bersama. Hal ini menggambarkan kepada kita sebagai manusia bahwa hidup memang harus berdampingan dengan siapapun dan dari manapun tetangga kita. Kelompok  lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak di bawah air karena pasto mereka akan tenggelam. Oleh karena itu, ia setengah tidur beberapa saat dalam sehari.

Sahabat  yang budiman! Makanan lumba-lumba adalah ikan-ikan kecil, seperti ikan mullet abu-abu dan juga cumi-cumi. Kadang kadang Lumba-lumba menggiring kawanan ikan agar mudah ditangkap.

Selain itu, lumba-lumba mencari jalan dengan mengirimkan suara didalam air. Jika suara itu mengenai suatu benda, suara itu akan dipantulkan kembali sebagai gema. Kadang kadang, suara gaduh di laut akibat pengeboran minyak dapat membingungkan lumba-lumba. Mereka akan mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan sehingga terkadang beberapa kelompok anggota lumba-lumba dapat terpisah-pisah.

6.Manusia senantiasa tertarik dengan kisah lumba-lumba. Sekarang, manusia senang berenang di laut bersama binatang yang pandai dan bersahabat seperti lumba-lumba. Lumba-lumba harus berhati hati terhadap ikan hiu yang mungkin menyerang mereka sewaktu waktu. Mereka melindungi diri dengan gigi giginya, terkadang mereka menggunakan paruhnya sebagai pelantak.

Sahabat yang budiman! Terkadang kelakuan manusia sering membuat lumba-lumba stres. Manusia dapat menjala ikan-ikan kecil dan cumi-cumi untuk makanannya. Terkadang, lumba-lumba tertangkap oleh jaring nelayan. Mereka tidak dapat menghirup napas di permukaan, akibatnya mereka tenggelam. Ketika bahan kimia yang berbahaya dibuang ke laut, limbah itu bisa meracuni makanan yang dimakan lumba-lumba.

Begitulah kisah dan cerita dolphin (lumba-lumba). Semoga dapat menginspirasi kita semua. Menginspirasi untuk sekedar menyayangi lumba-lumba karena didunia ini kita adalah pemimpin untuk semua mahkluk lainnya. Ketika kita menjadi pemimpin maka sudah seharusnya kita mengayomi semua rakyatnya. Begitu banyak pelajaran berharga dari kisah inspiratif lumba-lumba yang akan menjadi dasar kaki kita untuk melangkah ke jalan yang lebih benar, bukan ikut-ikutan memunahkannya.

loading...

Post a Comment

11 Comments