loading...

9 Makna dan Filosofi Sukses dalam Kehidupan


Sahabat yang budiman! Sukses merupakan hak semua orang yang ada di muka bumi ini. Semua orang berhak untuk sukses, tetapi meraihnya menjadi tugas dan kewajiban kita semua. Sukses bukan untuk ditunggu, melainkan harus di “buru”, karena sukses  butuh ruang dan waktu. Sukses juga butuh perjuangan nyata, karena sukses bukan hanya sekedar kata-kata.

Sahabat  yang budiman! Banyak orang ingin meraih dan menggapai sukses dengan cepat. Banyak orang ingin mewujudkan sukses dengan cara singkat. Tetapi, mereka semua lupa untuk memenuhi tugas dan kewajiban dalam meraihnya. Kewajiban dan tugas kita dalam meraih sukses kehidupan adalah selalu berjuang dan bekerja keras tanpa ada kata menyerah. 

Jadi, kewajiban dan kesuksesan merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan.  Butuh keseimbangan antara usaha dan hasil yang diinginkan, sehingga sukses akan singgah kapan saja dalam hidup kita. Dengan bahasa yang sederhana, ada hak ada kewajiban yang harus ditunaikan.

Sahabat yang budiman! Sukses adalah sebuah tujuan akhir dari perjalanan panjang yang namanya kerja keras dan pantang menyerah. Sukses adalah pencapaian dari suatu tindakan di dalam periode waktu dan tempat tertentu. Sukses juga merupakan sebuah parameter  dari keberhasilan perjuangan dan kerja keras. Indikator dan cara mengukur sukses pun berbeda antara satu orang dengan orang lain.

Sahabat  yang budiman! Makna dan indikator sukses bagi seseorang barangkali orang tersebut harus memiliki banyak tabungan di bank, rumah mewah, mobil mewah, harta melimpah dan juga banyaknya relasi bisnis dan  kaum elitis. Semua itu merupakan puncak dari hasrat kehidupan manusia. Sehingga banyak orang-orang berlomba dan bersaing untuk memenuhi hasrat dan keinginan-keinginan tersebut.

Tetapi bagi sebagian orang, sukses adalah sesuatu yang telah berhasil diraih berkat perjuangan dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini, walaupun hanya satu bidang dan sifatnya kecil sekali. Itu juga merupakan indikator sukses. Karena parameter sukses memang berbeda antara satu orang dengan orang lain.

Sebagai contoh adalah perjuangan dan kerja keras akan terlihat pada saat seseorang ingin lulus menjadi Aparatur Sipil Negara(ASN). Lalu karena dia mempersiapkan diri dengan cara belajar, membaca dan  berlatih dengan berbagai bentuk soal yang berhubungan dengan rekrutmen Apatur Sipil Negara (sebut PNS)   tanpa kenal lelah dan pantang menyerah , akhrinya dia pun lulus dan diterima menjadi ASN pada tahun itu juga. Maka orang tersebut dapat dikatakan telah sukses dalam mewujudkan cita-cita dan impiannya menjadi ASN.

Sahabat yang budiman! Sukses juga merupakan istilah sehari-hari yang digunakan untuk menjelaskan seseorang yang telah mencapai tujuan-tujuan personal, finansial atau karir dalam hidupnya. Sementara, banyak orang  merasa bahwa menjadi orang sukses adalah sesuatu hal yang bagus, tetapi sayangnya, saat mereka berpikir tentang sukses, mereka biasanya berpikir soal manfaat material, kebahagiaan, dan pencapaian.  Sementara sukses bukan tentang cerita harta, tahta dan kekayaan semata.

Sukses secara personal bisa datang dalam banyak bentuk yang berbeda dan konsep tentang sukses pasti akan berbeda antara satu orang dengan orang lain. Tergantung cara mengartikan dan memaknainya. Hal yang sama dan dapat disepakati dari istilah sukses adalah cara mewujudkan dan meraihnya. Semua orang pasti akan sepakat bahwa untuk mewujudkan dan meraih sukses perlu perjuangan dan kerja keras serta pantang menyerah.

Sahabat yang budiman! Berbagai ungkapan dan motivasi tentang sukses pun beraneka ragam karena akan sangat tergantung pada cara dan bagaimana memaknai sukses itu sendiri.  9 makna dan filosofi sukses adalah sebagai berikut:

1.Sukses  ibarat sebuah tangga yang harus dilalui setapak demi setapak demi mencapai tingkat yang lebih tinggi dan terkadang langkah untuk melalui tangga tersebut harus berhenti sejenak karena  terhalang orang lain atau karena kita yang tidak sanggup melanjutkannya.

Sahabat yang budiman! Untuk meraih sebuah impian dan cita-cita seseorang membutuhkan kerja keras dan perjuangan tanpa kenal lelah. Banyak contoh dan bukti bahwa semua orang sukses didunia ini karena usaha, jerih payah dan perjuangan yang tidak kenal lelah. Mereka rata-rata memulai semuanya dari nol. Dan tidak ada kata menyerah dalam meraihnya.

Selain itu, kesuksesan juga tidak akan datang dengan tiba-tiba. Butuh waktu, butuh usaha, butuh kerja keras dan juga pengorbanan. Bahkan tak jarang sukses terkadang justru harus diawali dulu dengan kegagalan terlebih dahulu. Orang sukses adalah orang-orang yang telah teruji dalam berjuang untuk mewujudkan impiannya. Dan orang sukses pasti pernah jatuh bangun dalam meraihnya.

2.Sukses bukan sebuah eskalator atau lift yang akan membawa kita ke tingkat yang lebih tinggi dengan mudah sementara kita hanya diam dan berdiri untuk  ke tingkat berikutnya.

Sahabat  yang budiman! Walaupun sukses menjadi hak kita semua, tetapi bukan berarti sukses akan datang dengan sendirinya. Sukses tidak akan datang dan menghampiri kita dengan tiba-tiba tanpa usaha dan perjuangan. Sukses juga tidak akan pernah datang dalam waktu sekejap dan mudah. Semudah menaiki eskalator. Dengan tegak dan diam, eskalator telah membawa kita ke tingkat berikutnya.

Eskalator memang mempermudah menuju tangga berikutnya atau tingkat berikutnya. Tetapi satu yang harus kita ingat bahwa orang yang menggunakan eskalator adalah orang-orang yang memang telah berada dalam sebuah gedung mewah dengan berbagai kegiatan dan aktivitas yang selalu wah.

Tingkat kepuasaan dari sukses yang dirasakan oleh orang yang melalui tangga dengan kesuksesan orang yang melalui eskalator pasti juga berbeda. Kesuksesan akan lebih berarti bagi orang-orang yang meraihnya melalui tangga dibandingkan orang-orang yang meraihnya melalui eskalator.

3.Sukses  merupakan sebuah puncak utama dari dari sebuah bukit, untuk mencapai puncaknya  terkadang harus jatuh bangun, melewati onak dan duri,  butuh waktu, dan butuh energi.

Sahabat  yang budiman! Dalam meraih sebuah kesuksesan ada kalanya kita harus menemui batu terjal dan berbagai rintangan. Tidak mudah dan butuh kesabaran dalam meraihnya.  Ketika seseorang ingin mengikuti menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS)  tahun ini. Dia pasti akan melakukan segala persiapan untuk mendukung kelulusannya. Termasuk berlatih dengan semua bentuk soal agar dapat menjawab semua soal PNS. Dan hari yang ditunggu pun telah tiba, dia mengikuti tes PNS pada hari itu.

Sesuatu yang diluar dugaan pun terjadi. Pengumuman hasil ujian dan test CPNS diumumkan. Singkat cerita, ternyata dia termasuk yang belum berhasil lulus tahun ini. Dia kesal dan frustrasi. Seolah-olah peluang lulus PNS itu sudah tidak ada lagi. Dia pun berjanji tidak akan pernah mengikuti tes ini lagi.

Sahabat yang budiman! Dalam meraih sukses mental dan karakter seperti ini harus ditinggalkan dan dibuang jauh-jauh. Dengan kegigihan dan keuletannya dalam mempersiapkan diri seharusnya dia masih bisa mengikuti test yang sama pada tahun-tahun berikutnya. Bukan justru frustrasi seolah-olah peluang sudah tidak ada lagi.

Seharusnya, tidak perlu merasa kegagalan tahun itu adalah akhir segalanya. Masih ada peluang test PNS untuk tahun-tahun berikutnya. Dan sejujurnya, apabila kita sempatkan bertanya pada seseorang yang telah lulus dan menjadi PNS dengan pertanyaan berapa kali ikut test CPNS sampai akhirnya lulus PNS?

Maka akan jarang sekali mereka menjawab satu kali tes. Hampir 90 % pasti akan menjawab diatas satu kali. Bahkan ada yang ke 9 dan ke 10 kali baru lulus PNS.

Tidak ada yang hilang dengan kegagalan menjadi PNS tahun ini. Yang ada hanya sebuah keberhasilan dan kesuksesan yang tertunda. Hal ini bermakna bahwa kesuksesan memang butuh kesabaran dan ketabahan. Sambil berusaha mempersiapkan diri dengan lebih baik.

4.Sukses bukan tentang ambisi untuk membangun citra diri tetapi sukses adalah suatu ujian agar kita sadar diri.

Sahabat  yang budiman! Siapapun orangnya pasti akan merasa bangga dan senang apabila telah berada pada puncak kesuksesan. Sangat manusiawi apabila dengan kesuksesannya ingin membangun image dan citra diri. Sangat wajar sekali.

Tapi kita juga harus tetap ingat bahwa kesuksesan bukan hanya tentang cerita  ingin meningkatkan harga diri kita dan citra diri kita. Kesuksesan juga seharusnya menjadi sesuatu yang berguna buat diri kita bahwa betapa sulit dan susahnya perjuangan untuk meraih sukses tersebut.

Sahabat  yang budiman! Dengan semua kesuksesan yang kita miliki. Tidak seharusnya juga kita menghambur-hamburkan semua harta dan kekayaan yang kita miliki pada saat ini saja. Kita juga harus ingat bahwa hidup kita masih panjang. Hidup kita bukan hanya untuk hari ini dan kemarin saja tapi masih ada esok yang penuh misteri.

Segera berbenah dan sadari bahwa apa yang kita dapat dan peroleh hari ini harus kita sisakan juga untuk hari dan waktu yang akan datang. Sadarilah bahwa untuk sampai ke puncak kejayaan saat ini kita berjuang dan bekerja keras. Jangan sia-siakan kerja keras dan perjuangan yang selama ini telah kita bangun dengan baik.

5.Sukses bukan hanya tentang cerita  kemewahan dan puncak kejayaan melainkan juga ungkapan syukur atas suatu capaian.

Sahabat  yang budiman! Terkadang kesuksesan dari seseorang akan sangat mempengaruhi perubahan gaya hidup seseorang yang cenderung berubah total. Kesuksesan terkadang juga akan membawa euforia yang berlebihan. Semua kebutuhan dan keinginan orang tersebut  harus terpenuhi dan tidak boleh ada celah.

Tidak salah memang ketika seseorang telah sukses ingin menikmati hidup dengan semua kesuksesan yang dimilikinya. Tidak salah juga ketika telah sukses orang menginginkan barang-barang yang dimilikinya  merupakan barang-barang yang memiliki “branding”. Tetapi jangan sampai lupa daratan dan terlalu over acting dengan semua kemewahan yang kita miliki.

Dibalik kejayaan dan kesuksesan yang kita miliki hendaknya justru menjadi ungkapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa berkat do’a, perjuangan dan kerja keras ternyata kita dapat mewujudkan mimpi dengan capaian yang kita miliki saat ini. Satu hal yang harus kita ingat bahwa dibalik perjuangan dan kerja keras kita ada sesuatu kekuatan lain yang harus kita sadari yaitu pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kesuksesan seseorang juga pasti akan sangat ditentukan oleh seberapa besar do’anya kepada Tuhan.

Adalah sesuatu yang wajar jika kita juga harus bersyukur dengan semua capaian yang kita miliki. Tuhan telah memberikan kesuksesan dan kebahagiaan itu kepada kita semua. Jadi sudah saatnya juga kita harus lebih meningkatkan iman kita kepada Sang Pencipta, yaitu Tuhan Yang Maha Pemberi atas segala apa yang kita cita-citakan dan kita inginkan.

6.Sukses juga  tentang makna  tangan kanan memberi sementara tangan kiri tidak harus mengetahui.

Sahabat  yang budiman! Alangkah indah hidup ini kalau seandainya dibalik kesuksesan dan kekayaan yang kita miliki kita juga dapat berbagi dengan orang lain yang membutuhkan. Alangkah bahagianya kita kalau dibalik rasa senang dan bahagia kita karena kesuksesan yang kita raih kita dapat juga menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk orang lain.

Hidup memang indah, hidup memang menjanjikan semuanya. Alangkah bermaknanya kesuksesan yang kita miliki dalam hidup ini seandainya kita akan selalu membantu orang lain dengan keikhlasan dan tanpa pamrih. Tanpa mau menonjolkan diri karena telah membantu orang lain. Tanpa harus membanggakan diri pada saat membantu orang lain yang membutuhkan.

Tidak ada yang perlu ditakutkan dari amal baik yang kita lakukan. Semuanya pasti telah dicatat oleh Tuhan Yang Maha Kuasa melalui para malaikatnya. Ibarat tangan kanan memberi dan tangan kiri tidak selamanya harus mengetahui. Itulah keikhlasan sejati yang akan dikenang sampai mati.

7.Sukses tetap berpeluang bertahan dalam hidup kita tetapi mempertahankannya biasanya akan lebih sulit daripada meraihnya.

Sahabat yang budiman! Banyak pelajaran yang berharga dari cerita kehidupan disekeliling kita. Betapa seseorang yang sudah berada di puncak kejayaan terkadang juga akan kembali lagi menjadi orang biasa dan kekurangan. Begitu juga sebaliknya, seseorang yang kita anggap bukan siapa-siapa ternyata mampu mewujudkan semua mimpi dan cita-citanya.

Perputaran waktu dalam kehidupan adalah sesuatu yang biasa dan lumrah saja. Semakin memahami kehidupan yang tidak ada kepastian maka semakin sadar seseorang jika mempertahankan puncak kejayaan akan lebih sulit daripada meraihnya.

Seandainya kesadaran itu muncul pada saat kita berada pada puncak kejayaan maka kita pasti akan menjadi orang yang lebih berhati-hati dalam menikmati kesuksesan yang kita miliki sehingga kita akan lebih safety lagi dalam mempertahankan kesuksesan tersebut.

8.Sukses merupakan sebuah proses dan proses tidak akan pernah menghianati hasil.

Sahabat  yang budiman! Dalam setiap perjuangan,  pasti akan menghasilkan sebuah kemenangan.Jangan pernah berhenti untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan, yakini bahwa setiap usaha pasti membuahkan hasil.

Hidup ini berproses tidak ada yang instan, untuk makan kacang saja kita harus mengulitinya terlebih dahulu.

Begitu juga kesuksesan hidup, barangkali orang lain lebih dahulu sukses dari kita dan kita masih tetap jalan ditempat tanpa ada perubahan yang berarti. Itu hanya sebuah proses dari waktu yang berputar. Hanya tinggal bagaimana kita menjalaninya dan menikmati perjalanan waktu tersebut, boleh rasa iri itu ada asalkan tidak berlebihan.

Sering kita mengeluh karena  kesuksesan tidak kunjung dalam hidup kita. Rasa nyaman , enak, dan bahagia itu hanya milik orang lain. Sering kali kita juga menyatakan kamu enak sudah lulus, kamu enak sudah kerja, kamu enak sudah nikah dan lain sebagainya, mungkin kita merasa mereka lebih baik, padahal sama saja hanya perbedaannya hanya keluh kesah yang tak pernah terucap melainkan rasa syukur dan selali tersenyum yang mereka bagikan.


9.Sukses tetap akan dikejar dan dicari oleh semua orang karena memang semua orang berhak memiliki.

Sahabat  yang budiman! Sukses adalah hak semua orang dan sekaligus kewajiban seseorang untuk meraihnya. Mewujudkan dan menggapainya menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita semua. Banyak orang ingin meraih dan menggapai sukses dengan cepat, tetapi mereka lupa untuk memenuhi tugas dan kewajibannya. Dan sukses pun hanya akan menjadi impian yang sulit diwujudkan.

Meraih sukses berarti kita siap untuk menghadapi semua ujian dan cobaan yang datang menghadang. Kalau sanggup kita menghadapi semua ujian dan cobaan tersebut maka kesuksesan pasti akan singgah dalam hidup kita.

Sukses juga akan menyertai hari-hari kita dengan penuh kebahagiaan. Mari kita berjuang, bekerja keras  dan selalu berdo’a untuk meraih semua impian sukses dalam hidup kita. Dan apapun hasil perjuangan dan kerja keras kita tetap kita serahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.



Post a Comment

2 Comments