loading...

Kisah Inspiratif - Pentingnya kreativitas bagi para remaja



“ Bersibuk-sibuklah selalu, karena kenikmatan hidup itu ada pada saat kita bersibuk-sibuk” (Imam Syafi’i).

Sahabat laman24.com yang budiman! 
Bagian dari tumbuh kembangnya seseorang ialah masa remaja. Seseorang tidak bisa langsung menjadi dewasa atau dari balita langsung masuk ke masa tua. Masa- masa itu beruntut dari dalam kandungan, masa balita, lalu beranjak ke  masa remaja, lalu masa dewasa dan tua, hingga akhirnya kita kembali kepada Rabb sang Pencipta. Namun, itu adalah ketetapan dan kepastian yang akan dijalani semua orang.

Masa remaja, merupakan masa yang penuh dengan warna-warni. Sebuah masa kehidupan yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan masa depan seseorang. Ketika masuk usia baligh maka, realita kehidupan telah mulai terfikirkan. Di saat itu, seseorang mulai berpikir tentang masa depan. laman24.com

Mulai memiliki rasa tanggung jawab. Hal lain tentang cita-cita dan impian, kebahagiaan, pertemanan, pergaulan, dan perjuangan hidup akan muncul sebagai refleksi dari berkembangnya pemikiran manusia. Pemikiran terlahir sebagai kodrat Allah SWT bagi setiap hambanya.

Masa remaja, menjadi ambang perpisahan bagi seseorang dari masa kanak-kanak menuju dunia orang dewasa. Mulai mengerti dan memahami. Pikiran dan akal manusia, akan terbentuk sedemikian rupa hingga dari pengalaman remaja tersebut, terbentuklah sebuah kepribadian dan karakter diri sesuai lingkungan yang mengelilinginya dimasa muda.

Alangkah beruntung seseorang yang berada dilingkungan terpelajar dan terjaga, yang akan menanamkan benih-benih kepribadian yang terdidik pula bagi seseorang. Sebaliknya, pergaulan dan lingkungan yang buruk akan membawa dampak yang buruk pula.

Di usia remaja yang terbilang rentan ini, maka tiada jalan lain bagi seseorang selain mengarahkan dan membawa dirinya kepada hal-hal yang positif dan bermanfaat. Membawa diri pada kesibukan-kesibukan yang positif dengan mengembangkan selebar-lebarnya kreativitas yang kita miliki akan menjauhkan diri dari kegalauan masa remaja.

Misalnya di SMA, kita bisa bergabung dalam kepengurusan OSIS atau ROHIS. Selain itu juga bisa dengan menggali kemampuan lain dibidang ekstra kurikuler yang ada. Dengan terus memberdayakan segenap energy dan kemampuan yang  kita miliki dimasa remaja sama artinya kita telah membuka satu pintu dari sekian banyak pintu yang masih tertutup dan menunggu kita untuk terbuka, hingga sampai nanti, disaat kita mulai dewasa dan semakin mengerti arti kehidupan ini.

Dunia membutuhkan pemuda yang memiliki kekuatan spiritual, mental yang matang serta di topang dengan cerdasnya akal dan pikiran, sebab tidak akan ada perubahan apa-apa jika tanpa hadirnya sosok yang demikian.

laman24.com . Menggali pengetahuan dan mencerahkan

Post a Comment

6 Comments