loading...

10 Makna dan Filosofi Kehidupan Inspiratif


Sahabat  yang budiman! Cerita hidup dan kehidupan adalah sebuah cerita klasik yang telah ada dari zaman dahulu kala dan telah diwariskan secara turun temurun dari zaman nenek moyang kita hingga saat ini. Tujuan cerita tentang pahit getirnya kehidupan adalah untuk selalu mengingatkan kepada kita semua bahwa hidup ini terkadang tidak seperti yang kita inginkan.

Realita hidup terkadang berbeda dari ekspektasi kita, karena hidup memang penuh misteri dan teka-teki. Masing-masing diri kita mempunyai pengalaman hidup yang berbeda-beda tergantung seberapa tangguh kita melewatinya.

Berbagai arti, makna bahkan kiasan tentang sebuah kehidupan terkadang akan membuat kita lebih memahami tentang tujuan hidup kita. Selain itu, makna kehidupan sekaligus akan menjadi semangat dan motivasi diri untuk selalu memperbaiki diri agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi dimasa depan.

Berbagai macam dan cara menghadapi kehidupan telah menjadikan kita menjadi orang-orang yang teruji dan penuh optimisme dalan meraih kebahagiaan hidup. Tak jarang orang akan selalu menyatakan bahwa kebahagiaan dan kesuksesan atau bahkan kegagalan kita pada hari ini karena faktor perjuangan yang tidak pernah mengenal lelah dimasa lalu atau bahkan faktor kita yang mudah menyerah dari hidup kita dimasa lalu.

Sahabat yang budiman! Banyak makna dan filosofi kehidupan yang akan menjadikan diri kita lebih memahami tentang arti sebuah perjuangan. Kebahagiaan dan kesuksesan adalah salah satu tujuan akhir dari kehidupan itu sendiri yang didambakan oleh semua orang. Sementara inspirasi akan datang setelah keberhasilan dan kesuksesan itu telah singgah dalam diri kita.

Sahabat  yang budiman! Adapun makna dan filosofi kehidupan yang sangat populer adalah sebagai berikut:

1.Hidup adalah berpikir dan berjuang (Life is thinking and struggling)

Sahabat yang budiman! Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna harus menggunakan akal dan pikirannnya agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik. Adalah benar adanya bahwa berpikir merupakan strategi awal yang paling jitu dalam melakukan dan mewujudkan sebuah perjuangan hidup yang lebih baik.

Dengan segala kesempurnaan yang kita miliki sebagai manusia, hendaknya akan menjadikan  motivasi untuk meraih semua impian dan harapan serta cita-cita yang kita miliki. Berpikir merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh manusia. Implementasinya adalah perjuangan untuk mewujudkan segala impian dan harapannya.

Selain itu, dengan berpikir dan berjuang maka kita sekaligus dapat membuktikan bahwa segala sesuatu yang ingin kita dapatkan pada hari ini merupakan jerih payah dan perjuangan yang kita lakukan sebelumnnya. Segala sesuatu yang ingin kita dapatkan tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Perlu perjuangan dan kerja keras dari diri kita.

Jadi, segeralah berpikir tentang strategi brilian yang kita punya agar hidup besok kita lebih baik dari hari ini dan juga  hari kemarin. Teruslah berjuang untuk menggapai sukses karena sukses dapat datang kapan saja.

2.Hidup adalah berbagi dan peduli (Life is sharing and caring)

Sahabat yang budiman! Sharing dan caring merupakan sesuatu yang tetap harus kita lakukan dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan ketidak pastian ini. Ada kalanya seseorang akan membutuhkan kita pada waktu tertentu, begitu juga sebaliknya, di waktu yang lain kita pula yang akan membutuhkan orang lain.

Dengan berbagi dan saling peduli maka sekaligus juga  membuktikan bahwa sebagai makhluk sosial kita tidak akan bisa lepas dari orang lain. Hidup kita tetap akan saling membutuhkan satu sama lain.

Terkadang kita juga heran dengan perangai beberapa teman kita yang terkadang terlalu cuek dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.  Beberapa dari mereka seolah-olah dapat hidup sendiri tanpa orang lain. Mereka sangat yakin bahwa dengan kekayaaan yang dimilikinya orang-orang tersebut dapat hidup sendiri didunia ini. Semuanya seolah-olah dapat diukur dengan uang dan materi. Padahal mindset ini adalah salah kaprah dan sangat tidak masuk akal.

Sahabat  yang budiman! Tanpa saling berbagi dan saling peduli maka hidup kita akan terkucilkan dari masyarakat banyak. Hal inilah yang harus segera kita hindari agar kita dapat hidup nyaman ditengah-tengah masyarakat madani yang penuh dengan rasa peduli satu sama lain dan ditengah masyarakat madani yang selalu berbagi satu sama lain.

3.Hidup adalah sebuah tangga bukan sebuah tangga berjalan  (Life is a ladder, it’s not an escalator)

Sahabat  yang budiman! Makna dari hidup adalah sebuah tangga dan bukan sebuah escalator adalah bahwa dalam perjuangan meraih kesuksesan banyak orang memulainya dari nol dan dari dasar sekali. Banyak contoh dan bukti dari biografi dan autobiografi dari orang-orang yang sukses dan telah menjadi milyarder.Lebih dari 70 % dari para milyarder tersebut ternyata memang memulai usaha dan berjuang dari titik nol.

Hal ini menandakan bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini. Semua punya kesempatan dan punya peluang untuk sukses. Keberhasilan orang lain yang nampak saat ini hendaknya menjadi modal besar buat kita untuk berjuang dan bekerja keras untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Keberhasilan dan kesuksesan para milyarder saat ini juga karena perjuangan dan kerja keras mereka dimasa lalu.  Mereka berjuang setapak demi setapak , menaiki tangga kerasnya kehidupan dengan semangat dan rasa optimisme yang tinggi sehingga pada akhirnya mereka sampai juga ke puncak.

Mereka berhasil dan sukses bukan karena mereka menaiki sebuah lift yang akan mengantarkan tujuan mereka lebih cepat. Mereka menaiki tangga yang panjang dan mendaki dengan langkah setapak demi setapak. Mereka telah membuktikan bahwa pada akhirnya langkah mereka dalam mencapai tujuan telah tercapai. Begitu juga dengan kita. Sukses adalah hak semua orang termasuk kita semua. So, tetap optimis bisa.

4.Hidup adalah jembatan penyeberangan (life is a crossing bridge)

Sahabat  yang budiman! Makna hidup selanjutnya adalah sebuah jembatan penyeberangan yang akan mengantarkan kita ke kehidupan yang lebih panjang lagi, yaitu akhirat. Semua agama telah mengajarkan hal tersebut kepada kita semua. Bahwa hidup ini hanyalah sementara.

Ibarat sebuah jembatan penyeberangan maka hidup kita saat ini akan sangat tergantung pada apa yang kita lakukan diatas jembatan penyeberangan tersebut. Akankah kita sampai ke seberang atau kita akan jatuh sebelum sampai ke seberang. Atau bahkan jembatan yang sedang kita lalui justru akan ambruk sebelum kita sampai ke seberang.

Itulah makna kehidupan yang tetap akan menjadi misteri. Berhasil atau tidaknya kita sampai ke seberang sangat tergambar dari apa yang kita perbuat selama berada diatas jembatan penyeberangan tadi.

 Mudah-mudahan kita tetap menjadi orang-orang yang berhasil menyeberang dan kelak bisa hidup senang dan bahagia serta hidup indah di seberang sana, yaitu akhirat.

5.Hidup adalah sementara (Life is temporary)

Sahabat yang budiman! Tidak ada yang bisa membantah dan bertahan bahwa hidup kita akan kekal dan abadi didunia ini. Hidup kita didunia ini hanyalah sementara. Dunia hanyalah sebuah tempat persinggahan untuk menuju kehidupan berikutnya.

Kehidupan didunia yang sementara ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kehidupan didunia yang sementara ini hendaknya menjadi pemicu buat kita untuk lebih mengabdi kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Berbuat baik terhadapa sesama, amal baik selalu ditingkatkan dan ibadah harus dijadikan sebuah kebutuhan yang wajib kita penuhi.

Kehidupan didunia yang sementara hendaknya juga menjadi penyadaran kembali kepada kita bahwa semua yang ada didunia ini pasti akan mati. Tidak ada satupun yang bisa menolaknya ketika ajal telah menjemput kita. Itulah sebuah pertanda bahwa hidup didunia ini hanyalah sementara. Persiapkan diri kita sebaik mungkin untuk menyambut kehidupan yang lebih abadi setelah ajal telah memanggil kita.

6.Hidup adalah indah (Life is beatiful)

Sahabat yang budiman! Selain konsekuensi dari makna hidup sebelumnya, ternyata hidup ini memang indah untuk dirasakan dan dinikmati. Betapa bersyukur kita diberi kehidupan dengan sempurna tanpa kekurangan apapun. Semuanya tersedia dan tinggal minta.

Tetapi disudut yang lain yang jauh disana, banyak juga saudara-saudara kita yang masih kekurangan. Alangkah sedih dan trenyuh hati kita dizaman yang serba modern dan canggih ini masih banyak saudara-sauadara kita yang kekurangan makanan, belum merdeka dari penjajahan, belum merdeka dari kediktatoran dan juga belum merdeka dari kesengsaraan.

Hidup indah adalah gambaran bagi orang-orang yang telah berhasil dan sukses dalam segala hal. Alangkah akan lebih indah seandainya kelebihan yang kita miliki juga dapat kita sisihkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Keindahan sempurna adalah dapat menyeimbangkan berbagai warna kehidupan agar tampak seimbang dan tidak miring ke depan, belakang, samping kiri atau samping kanan. Perpaduan warna yang tidak mencolok akan melahirkan keseimbangan warna tersebut sehingga warna akan terlihat indah, seindah kehidupan yang sedang kita jalani saat ini.

7.Hidup adalah segalanya (Life is everything)

Sahabat yang budiman! Benar sekali kalau ada yang mengartikan hidup adalah segala-galanya. Segalanya dapat kita raih dan kita dapatkan dalam hidup ini. Segalanya dapat kita capai dalam hidup ini. Tapi kita juga harus ingat bahwa masih ada hari esok yang masih misteri.

Apa yang kita dapat dan kita miliki hari ini hendaknya tidak dihabiskan untuk kebutuhan dan keperluan hari ini. Kita harus ingat bahwa masih ada hari esok yang harus kita pikirkan. Jangan sekali-kali menganggap bahwa hari esok adalah urusan besok. Hal tersebut hanya akan melemahkan diri kita untuk lebih safety dalam mengeluarkan kebutuhan hari ini dan menyisihkan sebagian rezeki kita untuk hidup kita dihari esok.

Segala yang ada dan tampak didunia ini memang indah dan menjanjikan banyak hal. Tetapi ketika kita tidak dapat mengontrol diri kita maka kita akan tergelincir dan jatuh. Keindahan yang tampak dimata sudah seharusnya menjadi tolok ukur diri kita untuk lebih baik lagi kedepannya.

8.Hidup adalah panggung sandiwara (Life is teathrical stage)

Sahabat yang budiman! Cerita sinetron sepertinya memang selalu terjadi dalam kehidupan setiap manusia. Hanya karena kebanyakan alur dan tema sinetron yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan atau justru karena berkebalikan dengan harapan, maka manusia seolah menolak fakta bahwa hidup memang begini adanya.

Kita  juga kerap menganggap bahwa sebuah sinetron adalah sebuah kisah nyata. Tetapi sebenarnya semua sesuai alur dan pemikiran sutradaranya saja. Hidup kita saat ini adalah sebuah kenyataan tetapi sering dipengaruhi oleh cerita sinetron. Anehkan?.

Sejak dilahirkan, sejatinya kita sudah memiliki peran sendiri untuk dimainkan dalam ‘panggung sandiwara’ nyata kehidupannya. Semakin mengenal dan dipertemukan dengan orang – orang yang memiliki permasalahan dalam kehidupan rumah tangganya, semakin wajar saja jika mendengar kisah hidup manusia di dunia yang seolah-olah ‘mirip’ dengan alur kisah sebuah sinetron.

Pelajaran dari makna hidup adalah panggung sandiwara adalah sebuah berkah buat kita dalam meraih kesempatan untuk belajar. Dan belajar dari pengalaman diri sendiri maupun berkaca pada pengalaman orang lain, adalah guru terbaik walau tak sempurna. Itulah filosofi hidup yang sebenarnya.

9.Hidup adalah memberi dan menerima (Life is take and give)

Sahabat  yang budiman ! Memberi dan menerima adalah sebuah konsekuensi logis buat kita semua. Ada kalanya kita memang harus tergerak untuk memberi sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan. Sementara di waktu yang lain kita juga pasti akan menerima sesuatu dari orang lain.

Ketulusan dalam memberi sesuatu kepada orang lain akan sangat menentukan seberapa baik diri kita dihadapan orang lain. Selain itu, keikhlasan kita dalam berbagi juga akan sangat menentukan besaran pahala yang akan kita terima.

Kebaikan, keikhlasan dan kebajikan tetap akan menjadi catatan manis buat orang lain yang menerimanya. Akan dikenang sepanjang masa dan menjadi cerita indah buat yang menerimanya.

Begitulah alur sebuah kehidupan. Memberi dan menerima adalah sebuah kenyataan hidup yang tidak satupun orang dapat menghindarinya.


10.Hidup adalah sebuah sebuah roller coaster (Life is a roller coaster)

Sahabat yang budiman! Lebih tepat makna tersebut kalau hidup adalah ibarat sebuah roda yang akan selalu berputar tanpa mengenal waktu dan usia. Seiring perputarannya roda akan berputar keatas dan kebawah  dan akan membawa kita kearah tujuan yang hendak kita capai.

Begitu juga dengan roller coaster. Kadang harus mendaki keatas dan kadang harus menurun. Semuanya ada pusaran dan waktunya. Hidup terkadang memang berliku dan banyak cobaan. Sebaik-baiknya manusia adalah apabila mereka mampu bertahan hidup dengan berbagai cobaan tersebut dan tidak pernah menyerah atas cobaan yang ada dalam hidupnya.

Mereka akan berjuang tanpa menyerah untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan. Mereka punya keyakinan bahwa roda akan tetap berputar. Pahit dan getir adalah sebuah warna kehidupan yang tidak dapat dihindari. Mereka akan selalu optimis dalam menatap masa depan yang lebih baik lagi.




Post a Comment

6 Comments