loading...

Filosofi Pinguin


Sahabat yang budiman! Mendengar kata penguin seolah kita mendengar sesuatu yang lembut, imut dan lucu. Banyak maskot, gambar dan juga beberapa mainan anak-anak yang menggunakan penguin sebagai objeknya. Penguin bukan hanya lembut, imut dan lucu, tetapi penguin mempunyai sifat yang baik untuk dijadikan inspirasi kehidupan manusia.

Sebagai hewan akuatik yang tidak bisa terbang dan hidup dibumi bagian selatan , penguin selalu hidup berkelompok yang menggambarkan bahwa kebersamaan dan persatuan adalah sebuah kekuatan besar untuk mewujudkan impian dan tujuan bersama.

Sahabatyang budiman! Ternyata, walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja.

Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan mereka sering  menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari sumber-sumbe r makanan buat kelangsungan hidup mereka.

Beberapa makanan seperti udang, ikan, cumi-cumi dan beberapa hewan air lainnya merupakan makanan kesukaan mereka. Para penguin menangkap makanan-makanan tersebut dengan paruhnya pada saat mereka berenang dilautan.

Sahabat yang budiman! Setiap penguin memiliki warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Hal ini berguna untuk kamuflase diri . Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut.

Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air. Benar-benar luar biasa kan?

Sahabat yang budiman! Keunggulan lain dari penguin adalah mereka mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27 km/jam.  Lebih hebatnya lagi untuk penguin  yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan.

Sementara, penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit. Benar-benar menakjubkan dan sangat luar biasa…!

Sahabat yang budiman! Ada beberapa sisi menarik dari sifat penguin yang terkadang jauh diatas imajinasi kita sebagai manusia. Sifat dan tingkah laku penguin tersebut justru menjadi inspirasi dan filosofi sepanjang masa bagi kehidupan manusia.

Adapun filosofi penguin yang menjadi inspirasi  buat kehidupan manusia adalah sebagai berikut:

1.Penguin betina yang selalu kompak dalam mempertahankan anak-anaknya dari serangan badai salju atau gangguan binatang lain menggambarkan bahwa kebersamaan dan kekompakan merupakan kunci sukses bagi siapa saja yang ingin dan sedang mengejarnya.

Sahabat yang budiman! Kekompakan dan kebersamaan adalah kekuatan yang sempurna dari sebuah masalah yang sedang menghadang didepan kita. Berbagai masalah yang muncul dihadapan kita terkadang menggoyahkan langkah kaki kita. Semakin hari semakin parah.

Terkadang kebingungan juga melanda kita dalam menyelesaikan semua masalah pribadi kita. Tak ada yang salah ketika kita juga meminta tolong kepada orang-orang terdekat kita untuk mencarikan solusi terhadap masalah yang timbul.

Setidaknya, dengan berbagi cerita masalah kita dengan orang lain, maka semua masalah dapat terluahkan yang akan berdampak positif buat diri kita. Buat masa depan kita. Buat keluarga kita. Serta buat semua orang-orang yang kita sayangi yang berada disekeliling kita.

  Selain itu, banyak cara dan jalan keluar yang akan kita dapatkan seandainya kita mau berbagi dan bercerita masalah kita dengan orang lain.

2.Sayap penguin yang mempunyai fungsi sebagai pendayung pada saat berenang dan sebagai penjaga keseimbangan pada saat berjalan didarat menggambarkan bahwa tanpa keseimbangan maka kehidupan manusia  tidak akan berjalan maksimal.

Sahabat yang budiman! Keseimbangan dalam menjalani kehidupan ini sangat kita butuhkan agar kita menjadi manusia-manusia tangguh baik secara fisik maupun secara rohani. Banyaknya tawaran akan keinginan kita terhadap sesuatu terkadang membuat silau mata kita yang pada akhirnya membuat kita tidak teguh pendirian.

Membedakan kebutuhan dan keinginan juga harus menjadi kekuatan yang mutlak buat diri kita. Tanpa mampu menyeimbangkan antara kebutuhan dan keinginan maka semakin hari bukan akan semakin senang dan bahagia, justru sebaliknya.

Pastikan diri kita menjadi penyeimbang terhadap apapun, sehingga kita akan menjadi orang-orang  yang kuat dan tangguh terhadap berbagai hambatan dan rintangan hidup.

3.Kebiasaan penguin yang sering melompat keluar dari air untuk bernafas dan menghindari predator pada saat berenang menggambarkan pada kita bahwa dalam kehidupan ini kita harus lebih waspada terhadap apapun dan siapapun dengan prinsip bahwa lebih baik mencegah terlebih daripada telah terjadi sesuatu yang membahayakan diri kita.

Sahabat yang budiman! Dalam mengarungi hidup ini kita juga sebaiknya tetap menjaga diri kita dari hal-hal yang tidak baik. Terkadang banyak orang yang senang terhadap kita, sebaliknya banyak juga yang tidak senang terhadap kita. Kehati-hatian dalam bersikap, bertindak tanduk, berteman dan bersahabat harus menjadi sebuah hal yang harus kita lakukan.

Gejala-gejala yang kurang baik dalam hidup kita harus segera kita selesaikan dan klarifikasi. Masalah-masalah yang muncul akibat kesalah pahaman atau miskomunikasi juga harus segera dituntaskan. Hal tersebut akan sangat bermanfaat dalam menjaga diri kita dari niat dan kesempatan orang lain berbuat jahat terhadap kita.

4.Kebiasaan penguin yang selalu menghabiskan sepanjang hidupnya bersama pasangan dan keluarga mereka menandakan bahwa bahwa kehidupan penguin adalah kehidupan yang harmonis dan penuh kedamaian. Begitu juga hendaknya manusia sebagai mahluk yang paling sempurna.

Sahabat yang budiman! Belajar dari pengalaman penguin yang selalu setia terhadap pasangan dan keluarganya, maka kita sebagai manusia dan mahluk yang paling sempurna harus tetap menjaga keharmonisan keluarga kita.

Keluarga adalah bagian terpenting dari hidup kita yang harus menjadi prioritas utama hidup kita. Keluarga adalah tempat berkeluh kesah baik dalam suka maupun duka. Keluarga adalah tempat mengadu dan bercerita ketika masalah melanda kita.

Kebahagiaan keluarga adalah kebahagiaan hidup kita yang tiada duanya. Kedamaian hidup kita 80 persen adalah tentang keluarga. Jadi mulailah memprioritaskan keluarga diatas rutinitas dan kesibukan kita dalam bekerja dan beraktivitas.

5.Cara penguin merawat diri dan bertahan dimusim dingin dengan kelompoknya menggambarkan bahwa kebersamaan dan persatuan semakin membuat kita tangguh dan kuat.

Sahabat yang budiman! Dalam menjalani hidup didunia ini sudah seharusnya kita kuat dan tidak mudah patah arang. Kehidupan yang serba sulit dan terkadang banyak rintangan dan hambatan harus membuat kita kuat dan tetap bersatu tanpa terpecah belah.

Kita harus mampu untuk beradaptasi dengan semua keadaan dan kondisi kita walaupun berbagai rintangan dan hadangan datang silih berganti. Begitu juga dengan penguin yang selalu mendapat ancaman dari binatang-binatang lain yang siap memangsa mereka.

Tetapi karena mereka selalu bersatu dan bahu membahu dengan segala kelebihan yang penguin punya maka mereka sering terhindar dari mara bahaya yang berada disekeliling mereka.


Post a Comment

10 Comments