Idioms dalam Bahasa Inggris : Pengertian,Jenis, Contoh dan Latihan Soalnya



loading...
A. Pengertian Idiom dalam Bahasa Inggris

Idiom merupakan sinonim dari ungkapan yang merupakan gabungan kata/kalimat dan mempunyai makna khusus yang tidak sama dengan dengan kata-kata pembentuknya /tidak dapat diartikan secara harfiah/secara literal tetapi dapat dipahami oleh orang lain karena bermakna lazim bagi khalayak ramai.

Idiom sangat penting untuk kita ketahui dan kita pahami karena idiom sering muncul dalam komunikasi bahasa Inggris baik dalam percakapan sehari-hari, presentasi hasil kinerja, cerita pendek, maupun pidato-pidato penting  dalam bahasa Inggris. Hal ini bermakna bahwa idiom akan selalu  muncul setiap saat dalam bahasa Inggris baik secara tertulis maupun lisan. Bahkan, terkadang idiom yang digunakan oleh penulis/pembicara dapat membingungkan para pembaca/pendengar apabila mereka tidak mengetahui maksud dan arti dari idiom yang digunakan.

Oleh karena itu, agar kita sebagai pembaca sebuah cerita ataupun berita atau bahkan apabila kita menjadi pendengar dari sebuah presentasi/pidato tidak salah arti maka sebaiknya segera kita mempelajari dan memahami apa saja idiom yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris. Hal ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam menggunakan idiom dalam bahasa Inggris secara tepat dan akurat.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita menjadi terbiasa dan dapat memahami idiom dalam bahasa Inggris itu dengan baik? Bisa dikatakan bahwa idiom merupakan bagian dari suatu budaya; sehingga ketika kita menjumpai atau mempelajari suatu budaya baru, kita juga akan menjumpai idiom-idiom baru. Dan kali ini, kita akan memfokuskan pembahasan tentang idiom dalam bahasa Inggris atau yang biasa digunakan oleh orang-orang yang berbahasa ibu bahasa Inggris pada umumnya.

Tidak semua idiom memiliki makna yang bisa ditebak seperti sebagian peribahasa yang dapat dilacak asal usulnya. Dan bisa dikatakan, satu-satunya jalan terbaik untuk bisa mengetahui arti dari sebuah idiom adalah dengan membaca atau bertanya.Mempelajari cara menggunakan idiom dan ungkapan yang sering digunakan akan membuat bahasa Inggris kita terlihat lebih natural. Jadi, menguasai beberapa ungkapan adalah ide yang bagus.

Banyak sudah artikel ataupun media pembelajaran yang membahas tentang idiom dalam bahasa Inggris beserta makna dan artinya. Kita sebagai pembaca tentu harus jeli dalam membuat skala prioritas mana idiom yang sering muncul dan biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mana idiom yang jarang muncul dan jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Skala prioritas ini menjadi sangat penting karena barangkali akan sangat sulit buat kita untuk memahami arti dan maksud idiom dalam bahasa Inggris secara keseluruhan. Tetapi, apabila kita dapat memahami dan mengetahui semua idiom dalam bahasa Inggris tentu saja ini yang terbaik dan menjadi tujuan semua orang.

Artikel ini akan berusaha menyajikan idiom-idiom dalam bahasa Inggris yang paling sering muncul dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari yang bermanfaat bagi para sahabat sekalian. Untuk itu, baca artikel ini hingga usai.

B. Jenis-Jenis Idiom

Idiom dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan unsur pembentuk dan pemilihan kata pembentuknya.

1. Idiom Berdasar Unsur Pembentuk

Berdasarkan unsur pembentuknya, idiom dibedakan menjadi idiom penuh dan idiom sebagian.    Idiom penuh, adalah ungkapan yang maknanya tidak tergambar dari unsur-unsur pembentuknya. Contoh idiom penuh adalah tangan kanan yang mempunyai makna orang kepercayaan, atau buah hati yang mempunyai makna kesayangan.  Idiom sebagian, adalah ungkapan yang maknanya masih tergambar dari salah satu unsur pembentuknya.

2. Idiom Berdasar Pemilihan Kata Pembentuk

Berdasarkan pemilihan kata pembentuknya, idiom dibedakan menjadi idiom dengan bagian tubuh, idiom dengan bagian tumbuhan, idiom dengan indera, idiom dengan warna, idiom dengan benda alam, idiom dengan nama binatang, dan idiom dengan bilangan.

C. Contoh Idiom dalam Bahasa Inggris

1. A chain smoker (Perokok berat). Contoh kalimat : I think he is not a chain smoker (Saya pikir dia bukanlah seorang perokok berat).

2. A chit of a girl (Wanita berbadan kecil).  Contoh kalimat:  A chit of a girl who sit on that chair is my sister. (Wanita berbadan kecil yang sedang duduk dikursi itu adalah saudara perempuanku).

3. A credit to (Menjadi kebanggaan). Contoh kalimat : He was a credit to his father. (Dia menjadi kebanggaan ayahnya).

4. A far cry (Jauh berbeda). Contoh kalimat : George is a far cry than his sister. (George jauh berbeda dibandingkan dengan saudara perempuannya).

5. A fish story. (Cerita bohong). Contoh kalimat : All of the story that he has told is a fish story. (Semua cerita yang telah dia ceritakan adalah cerita bohong).

6. A man of mark. (Orang terkenal). Contoh kalimat : Albert Einsten is a man of mark in the world.( Albert Einsten adalah orang terkenal di dunia).

7. All the better. (adalah lebih baik). Contoh kalimat : If he can drive at night, all the better. ((Jika dia dapat menyetir di malam hari, itu lebih baik.)

8. As to (tentang). Contoh kalimat : He is confused as to which car to buy. (Dia bingung tentang mobil yang mana yang akan dibeli.)

9. As easy as pie.  (sangat mudah). Solving mathematics problems is as easy as pie for him. (Menyelesaikan soal matematikasangat mudah baginya.)

10.Back country. (Daerah pedalaman). Contoh kalimat : She comes from the back country.(Dia berasal dari daerah pedalaman).

11.Back from. (Menjauhkan diri). Contoh kalimat : She said that she’ll always backs from drug.(Dia berkata bahwa dia akan selalu menjauhkan diri dari obat-obatan terlarang).

12.Bad blood.(Tidak suka, benci, bermusuhan, berprasangka buruk, permusuhan). Contoh kalimat : The murder case of prime minister have caused bad blood between politicians. (Kasus pembunuhan perdana menteri telah menyebabkan permusuhan antara para politikus).

13.Bark out. (Membentak). Contoh kalimat : Don’t bark out me again or I’ll hit you.(Jangan membentakku lagi atau aku akan memukulmu).

14.Appropriated to. (Khusus disediakan untuk). Contoh kalimat : This place is appropriated to our children. (Tempat ini khusus disediakan untuk anak kita).

15.Beat it! (Pergi! Enyah!). Contoh kalimat : Beat it from here! I don’t want you again! (Pergi dari sini! Saya tidak menginginkanmu lagi!)

16.Beat the air. (Sia-sia belaka). Contoh kalimat : Your action is beat the air. You’d better don’t do it again.(Tindakanmu sia-sia belaka. Sebaiknya kau tidak melakukannya lagi.)

17.Break a leg! (good luck!). Contoh kalimat : Stay calm Ani! good luck!(Tenang aja Ani! Semoga beruntung!).

18.Bring up (Mendidik). Contoh kalimat: Teachers take a immense commitment to bring up students properly.(Guru membutuhkan komitmen yang sangat besar untuk mendidik siswa dengan benar.)

19.Bull-headed (keras kepala). Contoh kalimat : He was bull-headed before married.((Dia keras kepala sebelum menikah.)

20.By hook or by crook (Dengan cara apapun yang mungkin). Contoh kalimat: He earned money by hook or by crook.((Dia mendapatkan uang tak peduli halal atau haram.)

21.By no means (sama sekali tidak, jangan). Contoh kalimat: She was, by no means, allowed to go to the party. (Dia sama sekali tidak diijinkan untuk datang ke pesta tersebut.)

22.It's water under the bridge! (Yang lalu biarlah berlalu). Contoh kalimat : I apologized to my mother for being a difficult teenager many years ago. She told me it was just water under the bridge and said we should just forget about it.

23.He eats like a horse! (Dia makannya banyak banget). Contoh Kalimat: How does she stay so thin? She eats like a horse! I wish I had her metabolism!

24.A pie in the sky (Mimpi, ide, atau rencana yang tidak mungkin terjadi). Contoh Kalimat: You can't open a business unless you have any money to get started. Otherwise, It's just a pie in the sky venture.

25.Keep your hair on! (Tenang, jangan marah-marah!). Contoh Kalimat: Hey dude, keep your hair on. She won't cheat on you anyway!

26.A couch potato (Seseorang yang duduk di kursi sambil menonton tv). Contoh Kalimat: She's such a lazy person, she spent all her time for sitting like a couch potato.

27.Cheesy (Lemah). Contoh Kalimat: She's so cheesy, I don't want to play with her.

28.To go bananas (Menjadi gila). Contoh Kalimat: He went bananas

29.Have a bigger fish to fry (Banyak hal penting untuk dilakukan). Contoh Kalimat: I couldn't attend the meeting. I had a bigger fish to fry.

30.Like two peas in a pod (Mirip sekali). Contoh Kalimat: They're like two peas in a pod.

D. Contoh Soal tentang Idiom

Chose the correct definition for the idiom in this quiz!.

1) What is the definition of Look out for number one?
A) To have difficulty doing something, or to experience a difficult period.
B) To help someone with something.
C) To do something so that you will get all the benefit.
D) To be difficult to find, or to be very isolated and remote.

2) What is the definition of Lick your wounds?
A) To swear a lot.
B) To go away and recover from a bad experience or defeat.
C) A way to ask someone what they are thinking about.
D) To start to do something before all the preparation has been finished.

3) What is the definition of Have a blast?
A) To tell someone to be polite and to use good manners.
B) Something that you find very easy to do.
C) To say that it is someone else’s responsibility to make a decision or do something.
D) To have a very good time.

4) What is the definition of Stand on ceremony?
A) To expect that everything is done in the proper and very formal way.
B) To finish something or to give it away so that it is no longer your responsibility.
C) To say that having different experiences makes life fun and interesting.
D) To do something slowly.

5) What is the definition of Don’t know the first thing about it?
A) To have no knowledge of something.
B) The time that you can no longer change your mind, or when you have to do what you are doing now.
C) To use all your strength and ability to achieve something, or to be in very vicious combat.
D) To say you will deal with a problem when you need to and not before.
Latihan Soal 2

6). What is the meaning of the following definition: To say that it is easy to claim you will do something but what you really do is all that matters?
A) Actions speak louder than words
B) The ball is in your court
C) Second nature
D) Watch your P’s and Q’s

7) What is the meaning of the following definition: A phrase to say when something that is illegal has been found and is being stopped?
A) Cross that bridge when I come to it
B) Fight tooth and nail
C) Jig is up
D) Point of no return

8) What is the meaning of the following definition: To make a mistake?
A) Drag your feet
B) Variety is the spice of life
C) Wash your hands of it
D) Fall flat on my face

9) What is the meaning of the following definition: To be able to afford many expensive things?
A) The cart before the horse
B) Have deep pockets
C) A penny for your thoughts
D) Turn the air blue

10. To put one’s hand to plough
A.To take interest in a job
B.To get entangled into important things
C.To make something with someone
D.To take a difficult task

11. To play second fiddle
A.To support the role and view of another person *
B.To hang out with friends
C.To reduce someone’s worries
D.To be cheerful, childish, and happy

12. To leave someone in the lurch
A.To place someone in the back
B.To overcome someone’s obstacle
C.To desert someone in his difficulties
D.To lead someone to ease

13. A black sheep
A.A person who is shameful
B.A person who is black
C.A person who is lucky
D.A person who is like sheep

14. To keep one’s temper
A.To be in a bad mood
B.To get angry easily
C.To prevent the energy
D.To be in a good mood

15. To smell a rat
A.To see a dead rat
B.To be smelled bad
C.To suspect foul dealings
D.To see signs of bad things

16. A man of straw
A.A great fellow
B.A man of no substance
C.A man that likes using straw
D.A very tricky person

17. To set one’s face against
A.To judge by the appearance
B.To be in the same way
C.To be in different movement
D.To oppose with determination

18. To hit the nail right on the head
A.To punish someone
B.To teach someone a lesson
C.To knock someone down
D.To do the right thing

19. I met her after a while, but she gave me the cold shoulder.
A.Ignored me
B.Greeted me
C.Left me
D.Insulted me

20. The robber could be easily arrested because the police were tipped off in advance.
A.Threatened easily
B.Given advance information
C.Catched up
D.Given the right target
loading...

Post a Comment

0 Comments