Proverbs : Pengertian, Ciri-ciri, Contoh dan Latihan Soalnya



A. Pengertian Proverbs

loading...
Proverbs adalah sebuah kalimat sederhana atau singkat yang biasanya digunakan untuk mengumpamakan sesuatu atau kebenaran nyata yang bertujuan untuk mendidik lewat kata-kata mutiara atau disebut juga sebagai peribahasa. Proverb biasanya akan membimbing dan mendidik kita untuk bagaimana orang harus berperilaku dan merupakan kesepakatan dan persetujuan khalayak ramai.

Proverbs adalah peribahasa atau pepatah yang terdiri dari kelompok kata atau kalimat yang menyatakan maksud, keadaan seseorang ataupun hal yang mengungkapkan tentang, perbuatan, kelakuan atau hal tentang seseorang. Proverbs dapat juga diartikan sebagai ungkapan yang tidak langsung, namun tersirat menyampaikan suatu hal yang dapat dipahami pembaca atau pendengar. Pengertian lain, menurut kamus linguistik proverbs adalah penggalan kalimat yang telah membeku bentuk, makna dan fungsinya dalam masyarakat.

Menurut sejarahnya, kata proverb diangkat dari kata dalam Bahasa Latin yaitu proverbium. Proverb biasanya diucapkan secara berulang-ulang karena merupakan konsekuensi kebenaran logika sederhana dari apa yang sebenarnya kita pikirkan. Sifat dari proverb adalah  metaphor, sehingga apa yang diucapkan tidak bermakna literal melainkan ada makna yang lebih dari itu. Tidak jarang juga proverb dikaitkan dengan legenda dari sebuah negara tertentu sehingga banyak pesan moral dari proverbs itu sendiri.

B. Ciri-Ciri Proverbs
1. Kata-kata yang ada pada proverbs memiliki struktur yang tetap, artinya kata kata dalam proverbs sudah pasti dan tidak dapat diubah.

2. Proverbs biasanya digunakan dengan tujuan untuk menyindir atau juga memperindah bahasa.

3. Proverbs menggunakan kata-kata yang teratur, enak didengar serta memiliki makna.

4. Proverbs biasanya diciptakan atau dibentuk berdasarkan pandangan dan perbandingan yang sangat teliti terhadap alam dan peristiwa yang terjadi dan berlaku dalam masyarakat.

5. Proverbs dibentuk dengan ikatan bahasa yang padat dan indah sehingga peribahasa akan melekat dimulut masyarakat hingga turun temurun.

C. Jenis-Jenis Proverbs

Proverbs dalam Bahasa Inggris hampir sama dengan peribahasa dalam Bahasa Indonesia. Adapun jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Bidal atau Pameo. Bidal adalah salah satu jenis peribahasa yang mengandung ungkapan baik itu sindiran, ejekan, dan juga peringatnya. Contohnya: Hidup segan mati tak mau, malu bertanya sesat dijalan, dan lain sebagainya.

2. Pepatah. Pepatah adalah salah satu jenis peribahasa yang mengandung ajaran atau nasehat dari orang-orang tua dan biasanya peribahasa ini digunakan untuk mematahkan lawan bicara. Contohnya: Bagai bumi dan langiit, bagai kejatuhan bulan, sedikit sedikit, lama-lama menjadi bukit, biar lambat asal selamat dan lain sebagainya.

3. Perumpamaan. Perumpamaan adalah jenis pribahasa yang berisi kata-kata yang mengungkapkan keadaan atau kelakuan seseorang dengan mengambil perbandingan dari alam sekitar dan biasanya diawali dengan kata bagai, bak, seperti dan lain sebagainya. Contohnya: bagai pinang dibelah dua, bagai harimau menyembunyikan kuku dan lain sebagainya.

4. Ungkapan. Ungkapan adalah kalimat kiasan tentang keadaan atau kelakuan seseorang yang dinyatakan dengan pepatah atau beberapa patah kata. Contoh: Kabar angin, besar kepala dan lain sebagainya

5. Tamsil atau Ibarat. Tamsil adalah kalimat kiasan yang sering menggunakan kata ibarat yang bertujuan untuk membandingkan suatu hal atau perkara. Contohnya: Tua-tua keladi makin tua makin jadi, dan lain sebagianya.

6. Semboyan. semboyan adalah kumpulan kata, kalimat atau frasa yang digunakan sebagai prinsip atau pedoman. Contohnya: Hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai, bersih pangkal sehat dan lain sebagainya.

D. Contoh Proverbs

1. The early bird catches the worm. Proverb ini merupakan gaya peribahasa yang bertujuan untuk  mengingatkanmu atau orang lain bahwa orang yang cepat akan mendapatkan manfaat. Di bahasa indonesia, peribahasanya adalah ‘siapa cepat dia dapat’.

2. An apple a day keeps the doctor away. (Kesehatan itu penting. Ingatkan dirimu untuk memiliki kebiasaan sehat dengan peribahasa ini).

3. Action speaks louder than words (Kata-kata bukan apa-apa jika tidak ada bukti yang menguatkannya. Dalam hal ini, bukti itu adalah aksi).

4. All good things must come to an end. ( Di kehidupan, semuanya akan memiliki akhirnya, bahkan hal-hal yang menyenangkan sekalipun).

5. A journey of a thousand miles begins with a single step. (Tak akan ada hal yang dicapai jika kamu tidak memulai dari sekarang adalah hal yang berusaha disampaikan proverb ini.

6. A stitch in time saves nine. (Maknanya adalah fix the problem now because it will get worse later, atau segera selesaikan sesuatu sebelum memburuk).

7. Don’t beat a dead horse. (Maknanya adalah move on, this subject is over atau tidak perlu membahas lebih jauh dan lanjutkan saja ke topik selanjutnya).

8. He who laughs last, laughs loudest. (Maknanya adalah I will get you back for what you did atau setiap yang dikerjakan pasti ada akibatnya).

9. An ounce of prevention is worth a pound of cure. (Maknanya adalah mencegah lebih mudah daripada memperbaiki kemudian, atau you can prevent a problem with little effort, fixing it later is harder).

10.Leave no stone unturned. (Artinya bukan membalik semua batu yang ada, “tapi look everywhere atau melihat ke berbagai aspek).

11.Two wrongs don't make a right. (When someone has done something bad to you, trying to get revenge will only make things worse). Ketika seseorang melakukan sesuatu yang buruk padamu, mencoba membalas dendam hanya akan memperburuk keadaan.

12.The pen is mightier than the sword. (Trying to convince people with ideas and words is more effective than trying to force people to do what you want). Mencoba meyakinkan orang dengan ide dan kata-kata lebih efektif daripada mencoba memaksa orang melakukan apa yang Anda inginkan.

13.When in rome, do as the romans.(Act the way that the people around you are acting. This phrase might come in handy when you're traveling abroad notice that people do things differently than you're used to). Bertindak seperti yang dilakukan orang-orang di sekitar Anda. Frasa ini mungkin berguna ketika Anda bepergian ke luar negeri, perhatikan bahwa orang melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dari yang biasa Anda lakukan.

14.The squeaky wheel gets the grease. (You can get better service if you complain about something. If you wait patiently, no one's going to help you). Anda bisa mendapatkan layanan yang lebih baik jika Anda mengeluh tentang sesuatu. Jika Anda menunggu dengan sabar, tidak ada yang akan membantu Anda.

15.When the going gets tough, the tough get going. (Strong people don't give up when they come across challenges. They just work harder). Orang kuat tidak menyerah ketika mereka menemukan tantangan. Mereka hanya bekerja lebih keras.

16.Keep your friends close and your enemies closer.(If you have an enemy, pretend to be friends with them instead of openly fighting with them. That way you can watch them carefully and figure out what they're planning). Jika Anda memiliki musuh, berpura-pura berteman dengan mereka daripada berkelahi secara terbuka dengan mereka. Dengan cara itu Anda dapat memperhatikan mereka dengan hati-hati dan mencari tahu apa yang mereka rencanakan.

17.A picture is worth a thousand words. (Pictures convey emotions and messages better than written or spoken explanations. That's why PhraseMix has illustrations). Gambar menyampaikan emosi dan pesan lebih baik daripada penjelasan tertulis atau lisan. Itu sebabnya PhraseMix memiliki ilustrasi.

18.There's no such thing as a free lunch. (Things that are offered for free always have a hidden cost). Hal-hal yang ditawarkan secara gratis selalu memiliki biaya tersembunyi.

19.There's no place like home.(Your own home is the most comfortable place to be). Rumahmu sendiri adalah tempat yang paling nyaman.

20.Discretion is the greater part of valor. (Sometimes it's important to know when to give up and run away, instead of always acting brave and maybe getting hurt).Terkadang penting untuk mengetahui kapan harus menyerah dan melarikan diri, daripada selalu bertindak berani dan mungkin terluka.

E. Contoh Soal Proverbs

Choose a, b, c, d, or e to find meaning/to complete the sentences  of the following proverbs!

1. Mark, learn and inwardly digest.
a. Note and reflect upon something in order to thoroughly assimilate it
b. Practice makes perfect
c. Same time never come twice
d. Reality is the important

2. Marry in haste, repent as leisure.
a. Getting married is the best event in life
b. If you get married too quickly, you may spend your whole life regretting it
c. Propose her and get married with
d. Get married now or you will regret
e. Getting married is what people be happy

3. Memory is the treasure of the mind.
a. Remember every lesson!
b. Do forget what you have learned
c. A good memory is very precious
d. Study many time so you will remember it
e. Remembering the lesson is the hard thing

4. Men make houses, women make homes.
a. It is difficult for man to build a house
b. Building house is not easy for a man
c. A house is for shelter
d. Home sweet home
e. Women give a house its comfort and character

5. Might as well be hanged for a sheep as for a lamb.
a. If the penalty is going to be same, you might as well commit the greater offense
b. Penalty and reward is what the consequence
c. Give the penalty to who do the wrong things
d. A sheep is an animal
e. A sheep and a lamb live in farm

6. Misery loves company
a. People tend to make friends
b. a companion is the best thing when you are sad
c. Misery does not last forever
d. Love is what people seek
e. When people are sad they often like others to feel sad too

7. Money begets money
a. Money is for shopping
b. Beggars ask for some money
c. If you have money you can make more money
d. If you have a lot of money you can save some of them
e. Everybody needs to make money

8. Money doesn’t grow on trees.
a. You should not waste money because it is not plentiful or obtained easily
b. People work every day to make money
c. Planting trees in the farm and garden will give you a lot of money
d. Growing trees is the best effort to make money
e. Trees in the park can not result a lot of money

9. A monkey in silk is a monkey no less.
a. A monkey is living in the zoo
b. Silk is used to make the best clothes
c. The zoo with less monkey means less visitors
d. Everybody want to have silk clothes but they are not cheap any more
e. No matter how someone dresses, it’s the same person underneath

10. The more haste, the less speed.
a. Person will achieve their dream if they do the quickly
b. Less speed is not important but more speed is the remark
c. A person makes more progress if they take time to do things carefully
d. Do quickly and you will the first
e. Speeding the progress is based on the helping of others

11. The more you have, the more you want.
a. People have a constant desire to possess more
b. When you have more time, you will have a lot of activities
c. Everybody want to have happiness
d. Men want new house but women need comfortable homes
e. Having supporting family is what people want

12. The mouse that has but one hole is quickly taken.
a. A mouse will find the hole quickly
b. There are a lot of holes in the country roads
c. One hole is more important for a mouse than a lot of vent.
d. If you depend on just one thing, and it fails, you have no alternatives
e. Get the mouse clothing and you will be the outstanding one

13. Necessity is the mother of invention.
a. Invention need more necessity
b. Necessity determines what people do in the difficult time
c. The need for something forces people to find a way of obtaining it
d. A mother will invent some important things for her children
e. Modern era starts with some potential inventions

14. Need teaches a plan.
a. Planning determines the action
b. Teaching needs the best plan
c. Everybody need planning
d. Teaching to make plan is the important for teacher
e. Necessity will make you find a solution

15. Never put off till tomorrow what can be done today.
a. Don’t postpone until later something you can do now
b. Some thing you can do now will determine the result tomorrow
c. Never go to market if you don’t like shopping
e. Today is the life to morrow is the dream

16. What does the proverb “No man is an island” mean?
a. We should behave ourselves in accordance with the situation and condition.
b. Giving in doesn’t mean losing.
c. You can’t live completely independently
d. Your own home is the most comfortable place.
e. An island is only for man

17. What does the proverb “Two heads are better than one” mean?
a. When two people cooperate with each other, they come up with better ideas
b. People tend to want whatever they don’t have.
c. Don’t lie.
d. Don’t judge people based on its appearance.
e. If you can do, do it now

18. The early ………… catches the worm.
a. chicken
b. bird
c. fish
d. eagle
e. hen

19. A ……… may look at the king
a. dog
b. hamster
c. cat
d. mouse
e. lion

20. Better late than ……..
a. never
b. waiting
c. later
d. tomorrow
e. yesterday
loading...

Post a Comment

0 Comments