loading...

10 Perbedaan Kurikulum 2013 dengan KTSP dalam pelaksanaannya

 
Sahabat laman24 yang budiman! Ada beberapa perbedaan pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ataupun Kurikulum 2006. Perbedaan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Dalam Kurikulum 2013 materi yang disusun untuk ranah kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan disusun seimbang dan mempunyai porsi sama besar, sementara pada KTSP materi yang disusun lebih mengedepankan ranah kompetensi pengetahuan siswa.

2. Dalam Kurikulum 2013 pendekatan pembelajaran berdasarkan pengamatan, pertanyaan, pengumpulan informasi/data, penalaran, dan penyajian hasilnya melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar (siswa mencari tahu), sementara pendekatan pembelajaran dalam KTSP siswa diberitahu tentang materi yang dihafal siswa (siswa diberitahu).

3. Dalam kurikulum 2013 penilaian autentik harus dilaksanakan pada aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan portofolio, sementara dalam kurikulum 2006 penilaian autentik dilaksanakan pada ranah pengetahuan melalui ulangan dan ujian.

4. Materi pembelajaran dalam kurikulum 2013  menganut prinsip scientific approach yang  berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu, bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata, sementara dalam KTSP siswa harus dapat pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.

5. Dalam kurikulum 2013 penjelasan guru, respons siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis, sementara dalam KTSP menegakkan 5 pilar belajar, yaitu:

6. Kurikulum 2013 akan mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analitis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran, sementara dalam KTSP peserta didik mendapat layanan yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan.

7. Kurikulum 2013 akan mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotesis dalam melihat perbedaan, kesalahan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran, sementara dalam KTSP suasana hubungan peserta didik dengan pendidik saling menerima dan menghargai , akrab, terbuka dan hangat.

8. Kurikulum 2013 akan mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola pikir  rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran, sementara KTSP menggunakan pendekatan multi strategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

9. Kurikulum 2013 berbasis pada konsep, teori dan fakta empiris yang dapat dipertanggung jawabkan, sementara KTSP mendayagunakan kondisi alam, sosial,  dan budaya, serta kekayaan daerah.

10.Tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya, sementara dalam KTSP tujuan pembelajaran diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis, serta jenjang pendidikan.

Sahabat laman24 yang budiman! Demikianlah perbandingan pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran antara kurikulum 2013 dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments