loading...

Cara Menulis Makalah dengan Benar : Pengertian Makalah , Sistematika, Karakteristik, dan Format Penulisannya



A. Pengertian Makalah

Pada umumnya makalah merupakan penyajian yang bersifat deskriptif dan ekspositoris. Namun, ada juga makalah yang banyak mengandung uraian dan bersifat argumentatif. Panjang makalah idealnya adalah lebih kurang 15 halaman.

Makalah merupakan karya tulis yang berupa tulisan yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah biasanya disusun untuk melengkapi tugas-tugas ujian mata kuliah tertentu atau untuk memberikan saran pemecahan terhadap suatu masalah secara ilmiah dan dibahas pada pertemuan ilmiah berupa seminar atau simposium, dengan penggunaan bahasa yang sangat luas dan tegas.

Dalam tradisi ilmiah di kampus, tulisan tulisan yang menunjukkan karya tertentu dari mahasiswa atau dosen bisa disebut dengan makalah. Tulisan ini biasa diangkat dari ringkasan buku, kajian perpustakaan, atau sintesis materi perkuliahan.

Sebagai tulisan ilmiah, makalah harus ditulis mengikuti standar penulisan karangan ilmiah. Makalah harus ditulis secara objektif, berdasarkan fakta, logis dan sistematis. Umumnya makalah jenis ini ditulis dengan format dan standar tertentu yang ditetapkan oleh dosen atau oleh lembaga (Budiharso : 2007 : 73). Format penulisan makalah secara umum terdiri atas:

1. Bagian Awal

Bagian awal makalah berisi tentang judul, nama penulis, lembaga, dan keterangan untuk apa makalah dibuat. Makalah yang dibuat untuk suatu tugas perkuliahan/tugas belajar bagi siswa jenjang SLTA biasanya mencantumkan juga nama dosen/guru dan mata kuliah/mata pelajaran yang diampunya. Keterangan ini disajikan pada halaman sampul. Bagian awal makalah biasanya juga dilengkapi dengan daftar isi atau daftar gambar (jika ada).

2. Bagian Inti

Bagian inti makalah merupakan bagian terpenting substansi topik yang dibahas. Secara umum, bagian inti makalah dikembangkan ke dalam tiga bagian, sebagai berikut:

1. Pendahuluan, memuat latar belakang penulisan makalah, topik yang diangkat dalam makalah, dan tujuan penulisan makalah.
2. Pembahasan, berisi tentang uraian dan analisis mengenai topik yang dibahas. Bagian ini dilengkapi dengan kajian teori atau fakta-fakta empiris yang menunjukkan signifikansi topik yang dibahas, dan penutup berisi simpulan dan saran (jika ada).
3. Penutup, yang berisi simpulan-simpulan dan saran-saran yang diperlukan.

3. Bagian Akhir

Bagian akhir makalah berisikan daftar rujukan/daftar pustaka dan lampiran-lampiran (jika ada).

B. Sistematika Isi Makalah

1. BAGIAN AWAL
Halaman Sampul
Daftar Isi

2. BAGIAN INTI
Pendahuluan
Latar Belakang Penulisan Makalah
Masalah yang Dibahas dalam Makalah
Tujuan Penulisan Makalah
Pembahasan
Penutup

3. BAGIAN AKHIR
Daftar Rujukan/Daftar Pustaka
Lampiran (jika ada)

C. Karakteristik Makalah

Makalah memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Diangkat dari suatu kajian teori atau laporan pelaksanaan kegiatan lapangan.

2. Ruang lingkup makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatu mata kuliah/mata pelajaran

3. Memperlihatkan kemampuan mahasiswa/siswa tentang permasalahan teoritis yang dikaji atau dalam menerapkan prosedur, prinsip atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan/pembelajaran.

4. Memperlihatkan kemampuan para mahasiswa/siswa dalam memahami isi  dari sumber-sumber yang digunakan.

5. Menunjukkan kemampuan mahasiswa/siswa merangkai berbagai sumber informasi sebagai satu kesatuan sintesis yang utuh.

D. Format Penulisan Makalah

a. Pendahuluan (menguraikan latar belakang, tujuan, dan manfaat penelitian/teknologi serta review penelitian/teknologi terdahulu).
- Metodologi dan hasil pembahasan makalah
- Kesimpulan
- Ucapan terima kasih
- Daftar Pustaka

b. Setiap tabel, gambar, dan persamaan diberi nomor urut. Tabel diberi nomor dengan huruf Romawi besar, gambar dan persamaan diberi nomor dengan huruf Arab. Nomor dan judul tabel diletakkan diatas diatas tabel. Nomor dan judul gambar diletakkan dibawah gambar. Nomor persamaan ditulis di dalam kurung dan ditempatkan di akhir margin kanan.

c. Sumber pustaka yang dituliskan dalam uraian hanya terdiri dari nama penulis dan tahun penerbitannya. Misalnya : (Sutono,2009).

d. Daftar Pustaka, disusun kebawah dalam urutan abjad nama akhir (nama keluarga) penulis pertama. Sementara ke kanan harus mengikuti aturan berikut ini:
1. Tulisan dan buku : nama akhir dan inisial penulis, tahun, Judul buku, jilid, edisi, tempat terbit : nama penerbit.
2. Tulisan dalam majalah/jurnal/prosiding : nama akhir dan inisial penulis, tahun, judul tulisan, nama majalah (singkatan resmi), jilid, (nomor), halaman awal dan akhir penulisan.
3. Untuk tulisan dalam pertemuan ; nama akhir dan inisial penulis, tahun, judul tulisan, singkatan nama pertemuan, penyelenggara (bila perlu), waktu, tempat pertemuan.
4. Untuk tulisan dari situs internet : nama penulis, tahun, judul situs, alamat URL situs.

E. Kerangka Isi Makalah

Bagian Awal

1. Halaman sampul berisi judul makalah, keperluan atau maksud ditulisnya makalah, nama penulis makalah, tempat dan waktu penulisan makalah atau disampaikannya makalah.

2. Daftar isi, berisi panduan atau gambaran tentang garis besar isi makalah serta mempermudah pembaca dalam menemukan bagian-bagian yang diperlukan.

3. Daftar tabel dan daftar ganbar, dimaksudkan untuk mempermudah pembaca menemukan tabel atau gambar yang terdapat dalam makalah. Bila dalam makalah tersebut jumlah gambarnya banyak, dibuat dalam daftar tersendiri, tetapi jika jumlahnya sedikit dapat disatukan dengan daftar isi.

Bagian Inti

1. Pendahuluan, berisi latar belakang penulisan makalah, masalah yang akan dibahas (pokok bahasan beserta pembahasannya), serta tujuan penulisan makalah.

2. Latar Belakang, berisi hal-hal yang melandasi perlunya ditulis makalah. Hal-hal tersebut dapat berupa paparan yang bersifat teoritis maupun praktis, asal bukan alasan yang bersifat pribadi. Yang terpenting, pada bagian ini hanya dapat mengantarkan pembaca pada masalah atau topik yang dibahas dan menunjukkan bahwa masalah atau topik tersebut layak dibahas. Pemaparan ini dapat dimulai dengan menyampaikan pengetahuan umum, teori yang relevan, dengan pertanyaan teoritis, kutipan dari pendapat orang yang terkenal, ungkapan, slogan atau yang lainnya yang relevan dengan masalah yang dibahas.

3. Masalah atau Topik Pembahasan, berupa persoalan yang memerlukan pemecahan, persoalan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, penegasan atau pembuktian.

4. Tujuan Penulisan, mengarah pada apa yang akan dicapai  dengan penulisan makalah tersebut.

5. Teks utama (pembahasan0, berisi pembahasan topik-topik makalah dan sebagai inti dari kegiatan penulisan makalah.

6. Penutup, berisi kesimpulan, rangkuman pembahasan, dan saran-saran jika dianggap perlu.

Bagian Akhir

Daftar Rujukan/Daftar Pustaka

Lampiran (jika ada)

Post a Comment

0 Comments