loading...

Personal Letter : Pengertian, Fungsi dan Generic Structure

A. Pengertian personal letter

Personal letter adalah surat dalam bahasa Inggris baik dalam bentuk surat konvensional maupun surat elektronik (email) yang ditulis oleh seseorang kepada orang lain untuk meminta maaf kepada seseorang (apologies), mengucapkan terima kasih (thanking), memberi ucapan selamat (congratulating), mengundang seseorang (inviting), menceritakan pengalaman kepada orang lain (telling experience), dan juga berbagi cerita/curhat (sharing).

Namun, seiring perkembangan zaman, sebenarnya personal letter ini sudah tidak terlalu populer. Hal ini disebabkan banyaknya aplikasi media sosial seperti whatsapp, line, telegram, Instagram, Facebook dan juga twitter yang sudah dapat menggantikan fungsi dan manfaat dari personal letter itu sendiri.

Trend (kecenderungan) masyarakat saat ini juga telah berubah. Masyarakat sudah mulai jarang membuka email, bahkan dalam satu minggu barangkali tidak akan membuka email. Berbeda halnya dengan whatsapp atau media sosial lainnya, dalam satu hari barangkali masyarakat akan membuka beberapa kali atau bahkan puluhan kali.

Maknanya adalah jika seseorang ingin meminta maaf kepada seseorang (apologies), mengucapkan terima kasih (thanking), memberi ucapan selamat (congratulating), mengundang seseorang (inviting), menceritakan pengalaman kepada orang lain (telling experience), dan juga berbagi cerita/curhat (sharing) maka via email bukanlah cara yang paling tepat. Bisa jadi sang penerima tidak akan membuka email orang tersebut.

Berbeda halnya ketika anda ingin mengundang seseorang ataupun meminta maaf kepada seseorang, kemudian anda lakukan dengan menggunakan media sosial seperti tersebut diatas, maka dapat dipastikan bahwa sang penerima pesan/surat akan langsung meresponnya.

Walaupun begitu, tidak semua orang akan menggunakan media sosial dalam berbagi cerita, menceritakan pengalamannya  ataupun mengundang orang lain. Mereka lebih nyaman jika semuanya diceritakan dan ditulis melalui surat konvensial dan juga email.

B. Fungsi Personal Letter

1. Sebagai sarana untuk berbagi informasi satu sama lain.(Sharing information)
2. Sebagai media untuk meminta dan memberi maaf (Apologizing)
3. Untuk mengekspresikan perasaan (Expressing feeling).
4. Untuk mewakili penulis surat berkomunikasi dengan pihak lain (Representing writer)
5. Sebagai sarana penyampaian ide dan gagasan bagi penulis surat (Exploring idea/opinion).
6. Untuk mengembangkan kemampuan tata bahasa seseorang (Developing grammar ability)
7. Untuk mengundang seseorang (Inviting).
8. Untuk Memberikan ucapan selamat (Congratulating).
9. Untuk Menceritakan pengalaman pribadi (Telling Exprerience).
10.Untuk mengucapkan terima kasih. (Thanking).

C. Generic structure of personal letter

Dalam menulis personal letter, maka seseorang harus mengikuti sekurang-kurangnya empat kaidah/susunan penulisan surat pribadi (generic structure), yaitu:

1. Place and Date (Tempat dan Tanggal Surat)

Walaupun bukan surat resmi, sebaiknya personal juga harus mencantumkan nama tempat dan tanggal surat.

2. Sender Address (Nama dan alamat Anda)

Dalam menulis surat, maka biasanya orang akan menuliskan nama dan alamat pengirim.

loading...
3. Greeting (Salam Pembuka dan Penutup).

Berikut beberapa salam pembuka yang dapat digunakan dalam menulis surat pribadi (personal letter): Dear Mary, Dear My beloved friends, Dear My lovely brother, Dear Sir, Dear Madam, Dear My Teacher, Dear My cousin, etc.

Berikut beberapa salam Penutup : Sincerely yours, Your Sincerely, Your Friend, Your Faithfully, From me, Love, Faithfully your, Yours truly, Sincerely, Respectfully yours, Regards, etc.

4. Content (Isi Surat)

Isi surat biasanya akan menceritakan tentang alasan menulis surat tersebut dan akan menjawab mengapa orang tersebut mengirim surat. Inilah inti dari surat kepada teman tersebut.

5. Signature (Tanda Tangan )

Biasanya walaupun nama dan alamat pengirim telah ditulis diawal surat tetapi untuk tanda tanda surat penulis surat juga akan menuliskan namanya.

Dear laman24 readers! Demikian penjelasan tentang pengertian, fungsi dan generic structure dari personal letter. Mudah2an bermanfaat buat para pembaca sekalian. Salam inspirasi dari laman24!

loading...

Post a Comment

0 Comments