loading...

Makna dan Filosofi Kayu Gaharu


Sahabat yang budiman! Cerita kayu gaharu adalah sebuah cerita klasik, unik, sekaligus aneh karena terkesan mengandung unsur mistis  didalamnya. Tetapi cerita kayu gaharu ternyata telah membuat orang semakin penasaran dan berusaha ingin mendapatkannya walaupun harus masuk ke dalam hutan belantara Kalimantan.

Sisi lain kayu gaharu adalah sebuah kayu yang mempunyai nilai  jual cukup tinggi dibandingkan kayu lainnya.  Sementara di kalangan masyarakat kayu gaharu Kayu yang disebut-sebut sebagai kayu langka yang telah terbukti  khasiatnya baik dari segi metafisik maupun kesehatan. 

Sahabat yang budiman! Masyarakat percaya bahwa energi dari dalam kayu bertuah mampu merilekskan ketegangan syaraf manusia karena jenis kayu tersebut diyakini dijaga oleh makhluk-makhluk gaib. Dari alasan-asalan tersebutlah akhirnya masyakat mempercayai bahwa dengan memakai gelang gelang dan kalung dari kayu gaharu asli, pemakainya bisa sembuh dari segala penyakit yang disebabkan oleh ilmu hitam dan sihir. 

Gelang tersebut juga bisa berfungsi sebagai tasbih sehingga banyak digunakn untuk menyembuhkan orang yang kesurupan dan digunakan sebagai pagar gaib.

Sahabat  yang budiman! Beberapa ciri-ciri gelang kayu gaharu asli diantaranya adalah kayu gaharu mempunyai wangi yang sangat khas seperti wangi kayu cendana, hasil dari getah pohon gaharu.  Wangi kayu gaharu sangat berbeda dengan wangi kemenyan. 

Gelang asli dari kayu gaharu pasti meninggalkan jejak aroma khas tersebut. Sementara  serat kayunya sangat padat dan solid, berbeda dengan kayu-kayu lainnya.  Hal ini dikarenakan umur kayu gaharu yang mayoritas memang sudah sangat tua.   

Sahabat  yang budiman! Sementara dari segi kesehatan, dengan mengenakan gelang kayu gaharu, kita bisa meringankan rasa sakit akibat cedera, aromanya juga bisa membantu untuk menyembuhkan insomnia serta mengurangi rasa cemas yang berlebihan.  Selain itu, gelang bertuah dari kayu gaharu juga diyakini membuat tubuh kuat dan tidak gampang capek.

Sahabat  yang budiman! Apabila kita bisa mendapat kayu gaharu dalam bentuk mentahan, kita bisa menyeduhnya dan meminumnya seperti teh.  Teh dari batang gaharu dipercaya bisa mengibati ginjal kronis, bahkan penyakit tumor.

Dikalangan para saudagar yang berasal dari India, Pakistan, Persia, Jazirah Arab bahkan sampai Afrika Timur kayu gaharu sudah mereka kejar ke Indonesia dari ratusan tahun yang lalu.

Sahabat yang budiman! Gaharu banyak diperdagangan dengan harga jual yang sangat tinggi terutama untuk gaharu dari tanaman famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp (gaharu beringin). Sementara iuntuk jenis gaharu dengan nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut sebagai gaharu buaya. Jadi,  kualitas gaharu juga ditentukan oleh banyaknya kandungan resin dalam jaringan kayunya.  Semakin tinggi kandungan resin di dalamnya maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal dan begitu pula sebaliknya.

Sahabat  yang budiman! Untuk pohon dari kayu Gaharu memiliki ciri-ciri daun yang lancip alias meruncing pada bagian ujungnya serta memiliki buah berbentuk bulat oval dengan ukuran panjang sekitar 3 cm hingga 5 cm. Buah dari pohon kayu Gaharu ini berwarna kemerahan dan memiliki permukaan kulit yang agak berbulu.  Gaharu dihasilkan oleh tanaman sebagai respon dari mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka. Luka pada tanaman berkayu dapat disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dengan pengeboran dan penggergajian.

Masuknya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen.

Sahabat  yang budiman! Sebelum dijadikan bahan baku parfum, gaharu harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yang terkandung di dalamnya. Sebagian kayu gaharu dapat dijual ke ahli penyulingan minyak yang biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untuk mengekstraksi minyak dari kayu tersebut.

Dan pada akhirnya, untuk mendapatkan minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kemudian dipindahkan ke dalam suatu tempat untuk menguapkan air hingga minyak yang terkandung keluar ke permukaan wadah dan senyawa aromatik yang menguap dapat dikumpulkan secara terpisah. Dan aroma yang dihasilkan sungguh wangi dan luar biasa.

Sahabat yang budiman! Beberapa inspirasi kayu gaharu yang dapat dijadikan filosofi untuk kehidupan adalah sebagai berikut:

1.Manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan seperti apabila mengenakan gelang kayu gaharu rasa sakit akibat cedera menjadi berkurang, kayu Gaharu juga lazim digunakan sebagai tanaman obat yang mampu mengobati  beberapa penyakit tertentu seperti sembelit, kembung, ginjal, diare, masuk angin, sesak nafas, hingga gejala hipertensi.

Sahabat  yang budiman! Sementara, aromanya juga bisa membantu untuk menyembuhkan insomnia serta mengurangi rasa cemas yang berlebihan menggambarkan kepada kita bahwa bahwa seseorang yang memiliki kelebihan dan ilmu pengetahuan pasti akan dicari dimanapun orang itu berada. Kayu Gaharu juga lazim digunakan sebagai tanaman obat dalam membuat obat-obatan untuk beberapa penyakit tertentu seperti sembelit, kembung, ginjal, diare, masuk angin, sesak nafas, hingga gejala hipertensi.

Fakta yang terjadi saat ini justru sebaliknya. Terkadang kita heran dalam menjalankan kekuasaan seseorang yang baik dan teruji justru terpinggirkan. Sedangkan orang lain yang tidak mempunyai kapabilitas dan integritas justru menjadi bagian penting dalam kekuasaan tersebut.

Sahabat yang budiman! Filosofi kayu gaharu telah mengingatkan kepada kita bahwa orang yang bermanfaat bagi banyak orang tetap akan dicari dimanapun mereka berada. Kekuasaan terkadang hanyalah masalah waktu dan tidak akan pernah abadi sehingga suatu saat orang yang baik tetap akan di berdayakan lagi.

2.Wangi khas olahan gaharu yang sering dijadikan sejenis lilin aromaterapi untuk relaksasi serta aroma dan baunya yang harum dan wangi juga menggambarkan bahwa sesuatu yang telah kita lakukan dan bermanfaat didunia ini bagi orang lain makan hasil karya kita tersebut tetap akan harum dan wangi walaupun kita sudah tidak ada lagi didunia.

Sahabat laman yang budiman! Hasil karya kita tetap akan dicari oleh semua orang karena memang kualitas karya tersebut bagus dan terpercaya dan dapat menimbulkan aroma wangi bagi orang lain yang pada akhirnya akan mencari karya terbaik kita tersebut.

3.Harganya yang sangat mahal menggambarkan kepada kita bahwa apabila kita sebagai manusia mempunyai skill dan kelebihan lebih baik dari orang lain maka kita pasti akan dihargai lebih mahal ketimbang orang lain.

Sahabat yang budiman! Selain itu, dengan kelebihan dan keahlian yang kita miliki dibandingkan orang lain maka orang pasti akan memperebutkan diri kita. Orang akan berbondong-bondong mencari kita sebagai orang yang benar-benar mempunyai skill.

Begitu juga kayu gaharu yang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan kayu-kayu lain, maka harganya pun sangat mahal dan kayunya pun sulit untuk dicari sementara orang memperebutkannya.

4.Daunnya yang lancip dan  meruncing pada bagian ujungnya serta memiliki buah berbentuk bulat oval dengan ukuran panjang sekitar 3 cm hingga 5 cm menggambarkan bahwa dalam menghasilkan sebuah karya yang baik dan bermanfaat bagi orang lain sebaiknya kita fokus pada satu jenjang ilmu/kajian  tetapi  kajian tersebut tajam dan dalam serta runcing dan terpercaya untuk orang lain. Seruncing daun dari pohon gaharu.

Sahabat yang budiman! Mulailah meninggalkan kebiasaan mengetahui semua hal tetapi hanya setengah-setengah dan dangkal. Fokuslah pada satu kajian tetapi dalam, tajam dan terpercaya.

5.Proses minyak gaharu yang harus diolah dan disuling  terlebih dahulu untuk mendapatkan minyak dan senyawa aromatik yang terkandung di dalamnya menggambarkan bahwa dalam mencapai suatu kesuksesan kita juga melalui proses panjang dan terkadang berliku-liku.

Sahabat yang budiman! Kesuksesan dan keberhasilan tidak akan datang dengan sendirinya tetapi melauli proses, fase dan juga etape.

6.Manfaatnya sebagai bahan kosmetik, sampo, parfum, hingga dipercaya bermanfaat untuk pengobatan medis dan juga mistis bahkan ada anggapan bahwa kayu gaharu adalah kayu surga menggambarkan kepada kita bahwa tidak semua yang ada di dunia ini bisa di logikakan.

Sahabat  yang budiman!Banyak hal yang kita tidak akan pernah mengetahuinya. Yang pasti semua agama juga mempercayai bahwa ada dunia lain yang tidak terlihat oleh panca indera manusia. Terlalu mempercayai kita juga tidak boleh. Terlalu mengabaikan kita juga akan menjadi manusia yang takabur. Yang sempurna tetap Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Sementara manusia hanyalah hamba yang lemah dan penuh kekurangan. Yang dapat kita lakukan adalah berdo’a sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran agama masing-masing.

Post a Comment

5 Comments

  1. kayu gaharu susah dicari dan penuh cerita mistis...tetapi banyak orang mengejar sampai tengah hutan belantara

    ReplyDelete
  2. kayu gaharu memang sangat mahal dan menjadi ekspor andalan karena dapat bersaing di pasaran eropa dan jazirah arab

    ReplyDelete
  3. kayu gaharu punya seribu kegunaan dan manfaat yang membantu kekuatan dan fisik seseorang

    ReplyDelete
  4. Terima kasih untuk inspirasi dan filosofinya

    ReplyDelete