loading...

Filosofi dan Makna Mawar bagi Kehidupan


Sahabat  yang budiman! Bunga mawar adalah bunga yang sangat harum, indah dan mempunyai banyak makna dalam kehidupan. Banyak ungkapan dan idiom tentang bunga mawar yang semuanya menjadi pelajaran berharga buat hiduo kita.  Tanaman bunga mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

loading...
Seiring dengan perkembangan teknologi tanaman maka banyak juga saat ini tanaman bunga mawar yang sudah tidak berduri lagi. Sebenarnya, spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter bahkan ada yang mencapai 20 meter walaupun jarang kita jumpai.

Sahabat yang budiman! Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun. Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Di antarawarna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies.

Banyak barangkali yang belum mengetahui filosofi mawar dalam kehidupan sehingga timbul pertanyaan ada apa dengan bunga mawar sampai semua orang menyukai dan menyenanginya. Tidak cuma tanaman atau bunga sungguhannya saja, bahkan juga beberapa orang menginginkan mengabadikan keindahan bunga mawar ke dalam satu lukisan, tatto, serta bahkan juga kerajinan tangan yang lain.

Sahabat  yang budiman! Bunga Mawar adalah jenis bunga yang banyak digunakan sebagai lambang romantisme, juga bisa dikatakan sebagai ungkapan kasih sayang, warnanya yang beragam dengan makna yang berbeda membuatnya semakin populer dan istimewa.

Begitu berarti  indah dan romantisnya bunga mawar sehingga semua orang akan menggunakan mawar sebagai ungkapan rasa sayangnya terhadap lawan jenisnya. Adapun filosofi dan makna bunga mawar adalah sebagai berikut.

1.Indahnya warna mawar akan mampu menjadi penghias taman dan pekarangan.

Sahabat yang budiman! Menjadi orang pandai, cerdas, baik, bijak, berwibawa dan lain sebagainya itu sangat baik bahkan dianjurkan untuk semua agama. Namun jangan lupa, jadikanlah semua itu bermanfaat untuk sekitarmu. Semua keberhasilan, kelebihan dan keistimewaan yang kita miliki harusnya bisa membuat diri kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Sehingga hal itulah yang bisa membuat keistimewaan diri kita menjadi berharga

2.Ditanam dimanapun dan situasi seperti apapun mawar akan selalu tampak indah dan wangi.

Sahabat yang budiman! Alangkah bahagia dan tenangnya hidup kita apabila dimanapun kita tinggal dan hidup akan bermanfaat dan berguna bagi orang lain. Kita juga akan selalu menjadi orang yang mampu berbagi kebahagiaan dengan orang lain di sekitar kita. Kita adalah orang yang selalu konsisten dengan semua perilaku dan tindak tanduk kita. Kita akan selalu memegang teguh atas apa yang pernah menjadi janji kita terhadap orang lain.

3.Keindahan warna bunganya menjadi lambang kasih sayang dan cinta

Sahabat  yang budiman! Dengan semua kesempurnaan dan kelebihan yang kita miliki sebagai manusia maka sudah seharusnya kita akan bijak dalam segala hal. Rasa sayang dan cinta sudah seharusnya melekat dalam diri kita. Mawar telah mengajarkan kepada kita bahwa dengan keindahan dan daya tarik yang dimilikinya mawar tetap akan dicari banyak orang. Mawar tidak akan mengeluarkan bunga yang kurang baik. Mawar akan mengeluarkan bunga terbaiknya agar sedap di pandang dan dapat menjadi penghias bunga-bunga lainnya.

Begitu juga semestinya hidup kita. Alangkah indah dan bahagianya orang lain apabila sesuatu yang kita berikan kepada orang yang sangat kita sayangi  dan kita cintai dalam hidup ini adalah yang terbaik yang kita punya. Alangkah orang akan menghargai dan menghormati diri kita jika kita sepenuh hati membahagiakan orang-orang terdekat kita. Tentu semua akan lebih indah dan berwarna. Seindah warna mawar sebagai simbol cinta dan kasih sayang.

4.Walaupun mawar berduri tapi bukan untuk melukai, tetapi untuk melindungi diri.

Sahabat yang budiman! Dalam hidup ini kita tidak boleh takut terlihat tegas, galak atau berani. Hal Itu bukan untuk ditakuti, namun untuk menjaga diri. Punya ketegasan itu penting, agak galak juga tidak apa-apa. Begitu pula jika kita mempunyai sesuatu kemampuan untuk melindungi diri. Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk melindungi dirinya, melindungi hatinya dan melindungi harga dirinya. Semua itu supaya tidak diganggu oleh orang lain. Karena harga diri jauh diatas segalanya dan tidak bisa dibeli apalagi digadaikan.

loading...
5.Bunga yang indah akan selalu dicari banyak orang

Sahabat  yang budiman! Emas mau diletakkan dimanapun dan dibuang dimanapun tetap akan menjadi emas. Orang baik walaupun difitnah dengan berbagai cara pasti akhirnya akan menang juga dari semua fitnah yang ditimpakan kepadanya.

Begitulah gambaran mawar. Mau ditanam ditanah, di pot atau bahkan di tanah lapang pun mawar akan tetap menjadi mawar. Mawar tetap akan indah. Dengan semua kebaikan yang kita miliki yakinlah bahwa semua orang pasti akan mengakui dan mendatangi kita. Sesuatu yang indah biasanya memang akan dicari banyak orang.

Selain itu, sesuatu yang istimewa, sesuatu yang mulia, dan setiap apapun yang mempunyai kelebihan. Memang diri kita tidak bisa mempunyai banyak kelebihan, namun kita bisa mengusahakan beberapa hal saja yang bisa membuat diri kita menjadi istimewa karena kita tidak pernah mengusahakannya.

6.Mudah ditanam menghasilkan bunga yang menawan

Sahabat  yang budiman! Jangan pernah takut untuk menjadi diri sendiri. Menjadi pribadi yang berkarakter adalah pilihan. Hal tersebut akan menjadikan diri kita beranjak menjadi sosok yang istimewa, dengan ciri khas, ilmu dan keahlian diri kita sendiri. Menjadi diri sendiri itu memang penting. Tidak terlarut dalam kehidupan orang lain, tidak berusaha selalu menjadi follower yang terombang-ambing. Menjadi diri sendiri yang sebaik mungkin, setiap orang memang istimewa. Istimewa dengan keunikannya masing-masing. Dan itu adalah modal untuk mencapai kebahagiaan yang seutuhnya.

7.Mawar, seindah apapun itu. Nantinya tetap akan layu dan akhirnya mati.

Sahabat  yang budiman! Sehebat apapun diri kita. Sekuat apapun tenaga kita. Dan seharum apapun nama kita. Tidak akan menunda atau membatalkan diri kita untuk meninggalkan dunia ini. Mawar telah mengajarkan kepada kita semua bahwa dengan semua keindahan dan nama harumnya, mawar pasti akan layu dan mati.

Hal ini menggambarkan kepada kita  bahwa seindah dan secantik siapapun diri kita. Hal itu bukanlah sesuatu yang kekal, wajah kita pasti lambat laun akan keriput, kita pasti akan  tua dan mati karena dunia ini memang sementara, dan tidak ada yang abadi kecuali sang Maha Pemberi. Atas apa saja yang telah kita nikmati di dunia ini.  Hingga suatu saat akan terkubur juga dan tiada yang melihat bentuk fisik kita yang rupawan itu. Inilah hukum alam dan juga janji Allah SWT yang tidak bisa di tolak oleh siapapun didunia. Mawar telah menggambarkan semua itu kepada kita semua.

Sahabat  yang budiman! Jadilah orang yang di manapun berada tetap membuat orang lain merasa bahagia karena kebaikan-kebaikanmu, selalu memegang kepercayaan untuk tetap menjadi orang yang baik di manapun berada. Demikian beberapa pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari filosofi mawar, semoga bisa menjadi sebuah inspirasi kita dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan keindahan dan kenikmatan sementara ini.


loading...

Post a Comment

1 Comments