loading...

Riddles : Pengertian, manfaat dan contoh soalnya



A. Pengertian Riddle

Riddle adalah kata dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti teka-teki atau misteri. Secara lebih luas, riddle merupakan teka-teki berupa ungkapan, pepatah, ataupun puisi yang menggambarkan sesuatu tanpa benar-benar menyebutkan apa yang diungkapkan tersebut (misteri) sehingga pembaca ataupun pendengar penasaran dan berusaha untuk mengetahui dengan cara menebaknya.

Selain itu, ternyata riddle juga merupakan sejenis puisi ringan yang melibatkan pembaca ataupun pendengar sehingga mereka akan terlibat langsung dalam memecahkan teka-teki tersebut. Adapun topik dari riddle itu sendiri  bisa mengenai apa saja, dari cerita hewan, tumbuh-tumbuhan, benda ataupun hal lainnya. Tidak ada aturan tentang bagaimana menyusun topik dari sebuah riddle, dapat juga riddle berupa cerita lucu atau justru sebuah cerita yang menegangkan  tergantung pada orang yang menulis riddle tersebut.

loading...
Dalam pengertian lain, riddle adalah sekumpulan kata dan kalimat yang disusun sedemikian rupa untuk menyembunyikan sebuah rahasia dengan bentuk yang memusingkan, membingungkan, menjerumuskan, menyesatkan serta mendistorsi pikiran anda ke dalam ketidaktahuan. Biasanya cerita yang dibuat di dalam riddle ini begitu kuat, sampai-sampai kita dapat merasakan suasana cerita dan lebih terpacu untuk mencari tahu dan menyelesaikannya.

Begitu juga dengan pembaca ataupun pendengarnya, mereka  tidak boleh asal menjawab tanpa berpikir terlebih dahulu. Mereka harus mengetahui apa permasalahan yang dicari dalam riddle tersebut dan jawaban yang diberikan pun harus mempunyai alasan yang kuat, logis, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, masuk akal serta memiliki jawaban yang obyektif sehingga dapat diterima dengan baik oleh si pemberi teka-teki tersebut.

B. Manfaat Riddle

Sesaat barangkali kita menyangka bahwa riddle hanyalah permainan tebak-tebakan biasa saja untuk mengisi waktu luang. Riddle bukan hanya sejenis permainan tebak-tebakan biasa. Riddle sangat bermanfaat buat kita untuk menambah wawasan dan asupan gizi bagi otak kita (Brain's Food). Brain's Food ini sangat berguna dalam melatih daya pikir atau kekuatan kita dalam berpikir dan menggunakan nalar kita terhadap suatu persoalan/masalah.

Dulunya, riddle barangkali hanya dalam bentuk kalimat sederhana, cerita pendek, puisi, pepatah, atau ungkapan saja. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi maka riddle juga sudah  banyak di adopsi/konversi kedalam bentuk game dan film. Sebut saja The Da Vinci Code, Inception, dan masih banyak film pertualangan lainnya. Tapi tetap saja riddle yang begitu dikenal dan di anggap "The True Riddle" oleh para riddler yaitu riddle dalam bentuk cerita kompleks dan berbelit yang memaksa kita untuk berpikir keras bahkan membacanya berulang-ulang.

Selain itu, pada saat seseorang menggunakan teka-teki biasanya orang tersebut akan menjadikannya tantangan yang merangsang pikiran untuk mencari tahu sendiri, atau hal tersebut justru bisa menjadi komentar lucu yang membuat dirinya  tertawa dan terhibur.

Riddle memiliki peran penting dalam perkembangan mindset berpikir manusia. Dengan riddle maka kita juga dapat berperan dalam meningkatkan apresiasi dari norma, budaya, edukatif, intelektual, ideologis, kosmologis, dan politik. Riddle telah mengajarkan logika tentang lingkungan sosial dan budaya, norma sosial, sejarah, biologi, dan banyak lagi.

Riddle juga dapat membantu dalam pelatihan memori untuk anak-anak seperti yang diharapkan dan mendorong untuk mengingat jawaban yang benar untuk teka-teki. Teka-teki juga dapat membantu memperkenalkan berbagai vaskuler. Mereka juga memberikan kesempatan untuk memainkan permainan fonetis, morfologis, gramatikal, dan semantik karena mereka menunjukkan berbagai ekspresi dan struktur linguistik.

Kesimpulannya, riddle  memiliki peran dalam pendidikan masyarakat dan dalam pengembangan pemikiran analitis terletak fakta bahwa jawaban atas teka-teki tersebut sudah diketahui oleh khalayak.

C. Ciri-ciri Riddle

Riddle adalah teka-teki verbal, pernyataan, deskripsi, atau pertanyaan yang membingungkan yang diajukan oleh satu orang ke orang lain, atau kepada kelompok, yang harus menebak jawabannya. Biasanya riddle akan selalu menggunakan “I” (saya) dalam teka-tekinya seperti contoh berikut ini:

What I am I ? “If you were me, you won’t to share me. If you share me, you haven’t got me.”   The answer is “a secret”.

D. Contoh Riddle dalam Bahasa Inggris
1. The more you take, the more you leave behind. What am I?

The answer is “footsteps”.

2. I go in hard. I come out soft. You blow me hard. What am I?

The answer is “gum”

3. Which vehicle is spelled the same forwards and backwards?

The Answer is “race car”

4. What is black when you buy it, red when you use it, and gray when you throw it away?

The answer is “ charcoal”

5. I can bring tears to your eyes; resurrect the dead, make you smile, and reverse time. I form in an instant but I last a lifetime. What am I?

The answer is “ memory”

6. Give it food and it will live, give it water and it will die. What is it? (Beri dia makan dan dia akan hidup, beri dia minum dan dia akan mati. Apa dia?)

Penjelasan: Seperti yang kita tahu, api akan mati jika kita beri minum atau air, dan akan menyala jika kita beri makanan. Makanan yang dimaksud adalah bukan hanya makanan yang bisa kita makan, makanan yang dimaksud di sini bisa berupa kayu, kertas, ataupun benda-benda yang dapat terbakar.

Jawabannya adalah : Fire (Api)

7.I run, yet I have no legs. What am I? (Aku berlari, tapi aku tak punya kaki.)

Penjelasan: Jika seseorang berlari, otomatis hidungnya juga akan berlari, padahal hidung tidak punya kaki.

Jawabannya adalah : A nose. (Hidung)

8. What gets wetter, the more it dries? (Apa yang semakin basah, malah jadi semakin kering?)

Penjelasan: Saat kita mengeringkan badan menggunakan handuk, handuk akan semakin basah namun badan kita menjadi semakin kering.

Jawabannya adalah : A towel (Handuk)

9. What goes around the world and stays in a corner? (Apa yang pergi keliling dunia dan tetap di pojok?)

Penjelasan: Perangko dikirim ke seluruh penjuru dunia, ini yang dimaksud pergi keliling dunia, namun perangko tetap menempel di pojok amplop.

Jawabannya adalah: A stamp (Perangko)

10. The more there is, the less you see (Semakin banyak, semakin sedikit yang kamu lihat.)

Jawabannya adalah darkness

Dari beberapa contoh riddle dalam Bahasa Inggris di atas, kalian tentu sudah familiar dengan beberapa, karena beberapa juga ada di dalam teka-teki Bahasa Indonesia. Namun beberapa juga memperlukan kemampuan hafalan vocabulary, atau Kosakata Bahasa Inggris yang banyak agar bisa menjawabnya.

loading...
E. Contoh Soal Riddles

Choose a.b, c or d to answers the following riddles!

1. I fly forever and never rest. Who am I?
a. A mosquito
b. A fly
c. The wind
d. A bird

2. What is at the end of rainbow?
a. nothing
b. gold
c. sea
d. w

3. I will always follow you whenever and wherever you go. Who am I?
a. a shadow
b. a dog
c. a cat
d. a bird

4. I am made and bought by someone who doesn’t use me. But the one who uses me doesn’t know that they are using me. Who am I?
a. a wheelchair
b. a bed
c. a coffin
d. a doll

5. People break me before using me. What am I?
a. a nail
b. an egg
c. a carrot
d. an apple

6. I begin with “T” and end with “T”. I have a “T” inside me. What am I?
a. a tennis bat
b. a trumpet
c. a target
d. a tea pot

7. I go around the world but stay in a corner. What am I?
a. a stamp
b. a pilot
c. a package
d. a flight attendant.

8. What kinds of room that don’t have windows and a door?
a. dining room
b. bathroom
c. bedroom
d. mushroom

9. I always go up but never go down. Who am I?
a. a lift
b. your age
c. an elevator
d. an airplane

10. What kind of cup doesn’t hold water?
a. coffe cup
b. teacup
c. paper cup
d. cupcake

11. I can fly but I don’t have wings. Who am I?
a. time
b. airplane
c. bee
d. bird

12. What question can you never answer “yes” to?
a. Do you lie to me?
b. Do you hate me?
c. Do you asleep?
d. Are you sick?

13. If you have it, you want to share it. If you share it, you don’t have it. What is it?
a. a cookie
b. a secret
c. a story
d. an experience

14. I have a face and two hands but have no arms and legs. Who am I?
a. a clock
b. a t-shirt
c. a chair
d. a table

15. I have a head like a cat, I have feet like a cat, and I look like a cat. But I’m not a cat. Who am I?
a. a tiger
b. a lion
c. a cheetah
d. a kitten
loading...

Post a Comment

0 Comments