Ekonomi Syariah : Pengertian , Tujuan dan Manfaatnya bagi Masyarakat


Sahabat laman24 yang budiman ! Baru-baru ini kita mendengar bahwa telah terjadi merger 3 Bank Syariah yaitu, BNI Syariah, BRI Syariah dan Mandiri Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI)!. Hal ini tentu menandai adanya mindset dan pola pikir masyarakat Indonesia terhadap optimism perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. 

Prospek dan geliat ekonomi syariah sepertinya menunjukkan trend positif dan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.  Oleh karena itu, pemerintah juga yakin bahwa salah satu cara untuk mempertahankan kondisi ekonomi saat ini maka semua kita harus  mendorong pertumbuhan ekonomi syariah agar berkembang dengan baik di Indonesia. 

Sahabat laman24 yang budiman  Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang ekonomi syariah maka dalam kesempatan ini, penulis akan memberikan sedikit pemahaman tentang pengertian ekonomi syariah dari sudut pandang beberapa ahli ekonomi syariah. 

Ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan sosial yang telah mempelajari masalah-masalah ekonomi masyarakat yang didasarkan pada nilai-nilai Islam dalam perencanaan dan pelaksanaannya.

Sahabat laman24 yang budiman  Sementara para ahli ekonomi syariah mendefinisikan ekonomi syariah sebagai berikut:

1. Menurut M.A. Manan ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuansosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yangdiilhami oleh nilai-nilai islam.

2. Menurut Prof. Dr. Zainuddin Ali, pengertian Ekonomi Syariahadalah kumpulan norma hukum yang bersumber dari al-quran danhadits yang mengatur perekonomian umat manusia.

3. Menurut Dr. Mardani, pengertian ekonomi syariah yaitu kegiatanatau usaha yang dilakukan oleh per orang atau kelompok atau badanusaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum dalamrangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial dan tidakkomersial menurut prinsip syariah.

Sahabat laman24 yang budiman  Tujuan dari ekonomi syariah adalah untuk memberikan keselarasanbagi kehidupan di dunia. Nilai islam bukan semata-mata hanya untukkehidupan muslim saja, tetapi seluruh makhluk hidup di muka bumi karena esensi proses ekonomi syariah adalah pemenuhan kebutuhan manusia

Sahabat laman24 yang budiman ! Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertianekonomi syariah adalah suatu sistem ekonomi yang bersumber dari nilainilai Islam (Al-Quran dan Hadits) yang dijadikan pedoman dalammemenuhi kebutuhan hidup setiap manusia demi menjaga kelangsunganhidupnya.

Ekonomi syariah mempunyai 4 sifat, yaitu:1). Unity (Kesatuan), 2). Equilibrium (Keseimbangan), 3). Free Will (Kebebasan), 4). Responsibility (Tanggung Jawab). 

Sahabat laman24 yang budiman!  Ekonomi syariah sangat penting untuk dikembangkan di Indonesia karena sangat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. Manfaat ekonomi syariah bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Ekonomi syariah dapat mengurangi kerentanan antara sistem keuangan dengan sektor ril sehingga mengindari terjadinya pengelembungan ekonomi. Dengan adanya sistem bagi hasil membuat tidak adanya jarak antara sistem keuangan dengan sektor rill, sistem keuangan ekonomi syariah mencerminkan ekonomi rill sehingga menghindari pengelembungan ekonomi atau sering disebut bubble economy," kata SBY.

2. Ekonomi syariah penting karena menghindarkan dari pembiayaan yang sifatnya spekulatif. Dengan terhindarnya pembiayaan yang spekulatif dapat memperluas financial inclusion sehingga melalui pembiayaan kepada UMKM berdasarkan landasan kebersamaan tidak untuk kepentingan para pemilik modal," ujarnya.

3. Ekonomi syariah penting karena dapat memperkuat sistem pengaman sosial. Hadirnya dana-dana syariah potensial seperti zakat, infaq dan sedekah dapat memperkuat sistem pengaman sosial yang sudah ada, orang miskin, kaum duafa dapat mendapatkan manfaat ini sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional kita," ungkap SBY.

Selain itu,  Indonesiaakan sangat berpotensi menjadi pusat ekonomi syariah dan masyarakat syariah di dunia karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan juga perkembangan pertumbuhan masyarakat menengah yang signifikan. 

Sahabat laman24 yang budiman!  Ekonomi syariah telah terbukti memberikan banyak manfaat di tengah gejolak ekonomi yang terus menerjang perekonomian dunia.Dengan dukungan pemerintah, parlemen, regulator, masyarakat perkembangan ekonomi syariah tumbuh sangat signifikan. Hal ini terlihat dari meningkatnya Perbankan Syariah sebesar 15 % pertahun.

Pencapaian tersebut tentu menjadi titik kulminasi (titik balik) bagi sistem keuangan syariah di Indonesiakarena  Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat ekonomi syariah dan masyarakat ekonomi syariah di dunia.

Sahabat laman24 yang budiman!  Sistem keuangan syariah dan ekonomi syariah memberikan banyak manfaat di tengah gejolak ekonomi dunia yang silih berganti menyerang perekonomian global.Krisis ekonomi yang silih berganti saat ini justru menjadi tantangan lebih bagi negara-negara maju, sementara sistem ekonomi syariah justru dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak krisis keuangan serta dapat meningkatkan ketahanan ekonomi nasional.


Post a Comment

0 Comments